Perilaku hidup Konsumtif Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam Penggunaan Aplikasi Shopee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thoyib, Ahmad (2024) Perilaku hidup Konsumtif Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam Penggunaan Aplikasi Shopee. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Thoyib_07020520026 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Ahmad Thoyib_07020520026 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perilaku hidup konsumtif merupakan perliaku hidup secara berlebih-lebihan baik dalam hal makan, minum, sedekah atau berpakaian. Dalam hadis riwayat Ibnu Majjah no 3605 agama Islam mengajarkan kepada umatnya untuk hidup secara sederhana dan tidak berlebih-lebihan. Namun ditemukan beberapa mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang berbelanja diaplikasi Shopee bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan semata melainkan tertarik dengan adanya penawaran promo dan diskon pada waktu tertentu. Dari gambaran tersebut, penulis merumuskan masalah sebagai berikut : bagaimana kualitas dan kehujjahan hadis riwayat Ibnu Majjah no 3605 ?, bagaimana pemaknaan hadis kitab Ibnu majjah no 3605 ? dan bagaimana analisis hadis riwayat Ibnu Majjah tentang perilaku konsumtif mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam penggunaan aplikasi shopee ? selain itu penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder. Sumber data primer diperoleh dari wawancara terhadap 10 informan. Sedangkan sumber data skunder diperoleh dari buku-buku, kitab-kitab, jurnal dan internet. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama, hadis riwayat Ibnu Majjah no 3605 berstatus sahih lidzatihi dan dapat dijadikan hujjah. Kedua, dalam hadis riwayat Ibnu Majjah no 3605 mengajarkan kepada umat islam untuk hidup secara sederhana dan tidak berlebih-lebihan. Ketiga, Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 40% mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya berperilaku konsumtif, karena mereka membeli suatu produk yang ditawarkan oleh shopee bukan berdasarkan kebututuhan semata namun berdasarkan keingginan mereka. Sebanyak 60% mahasiswa melakukan pembelian di shopee diwaktu event-event tertentu hanya sekedar memenuhi kebutuhan yang mereka perlukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thoyib, Ahmadahmadthoyib2002@gmail.com07020520026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZakka, Fathonizfathoniz20@gmail.com2019128402
Subjects: Hadis
Keywords: Ma’anil hadis; aplikasi shopee; perilaku konsumtif.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Ahmad Thoyib
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:09
Last Modified: 20 Mar 2024 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69056

Actions (login required)

View Item View Item