Fenomena hair extension sebagai bentuk kepercayaan diri: kajian ma'anil hadis dalam kitab musnad ahmad nomor indeks 24852

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviani, Diva Rahayu (2024) Fenomena hair extension sebagai bentuk kepercayaan diri: kajian ma'anil hadis dalam kitab musnad ahmad nomor indeks 24852. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diva Rahayu Oktaviani 07020520037 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Diva Rahayu Oktaviani 07020520037 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Dalam era modern saat ini, tren kecantikan terus berkembang salah satunya adalah Hair extension. Hair Extension adalah metode menyambung rambut agar rambut asli tampak lebih tebal, panjang dan indah dipandang. Fenomena Hair Extension ini dilakukan untuk menambah rasa percaya diri pada penggunanya. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang pandangan Islam terhadap fenomena tersebut. Oleh karena itu, penulis menangkat hadis tentang menyambung rambut seperti yang terdapat di dalam hadis riwayat Musnad Ahmad Nomor Indeks 24852 yang menjelaskan tentang hadis larangan menyambung rambut terhadap fenomena hair extension.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan ma’anil hadis dalam penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah, yaitu kualitas dan kehujjahan hadis, pemaknaan hadis tentang hair extension dan implikasi hadis tentang menyambung rambut terhadap fenomena hair extension sebagai bentuk kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hadis tersebut memiliki kualitas shahih dan dapat dijadikan hujjah karena sanadnya bersambung dan rawinya adil dan dhabit, tidak ada syadh dan tidak ada illat. Pemaknaan hadis ini terdapat dalam kata al Washilah artinya seorang yang menyambung rambut dan al-Mustaushilah (orang yang meminta disambung rambutnya). Implikasi dari hadis adalah larangan menyambung rambut serta diperlukan pemahaman yang mendalam agar masyarakat tidak melakukan praktik ini hanya untuk mengikuti tren dan sebagai bentuk kepercayaan dirinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviani, Diva Rahayudivarahayuoktaviani@gmail.com07020520037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZakka, Fathonizfathoniz.z@uinsa.ac.id2019128402
Subjects: Salon Kecantikan
Hadis
Wanita dalam Islam
Keywords: Fenomena; Hair Extension; Percaya diri; Ma’anil Hadis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Diva Rahayu Oktaviani
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:30
Last Modified: 26 Apr 2024 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69061

Actions (login required)

View Item View Item