Analisis hukum Islam terhadap jual beli hewan hewan kurban melalui Blantik: studi kasus pada CV 369 Berkah Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzakky, Muhammad Ali (2024) Analisis hukum Islam terhadap jual beli hewan hewan kurban melalui Blantik: studi kasus pada CV 369 Berkah Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ali Muzakky_05030220083 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muhammad Ali Muzakky_05030220083 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Sistem jual beli CV 369 Berkah Bangkalan Madura telah menggunakan inovasi perantara dalam pelaksanaannya. Adapun sebutan dari perantara tersebut adalah blantik yang menyediakan jasanya sebagai penghubung antara pengelolah hewan ternak yakni CV 369 Berkah Bangkalan dan para pembeli. Skripsi ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah: bagaimana pelaksanaan jual beli hewan kurban melalui blantik pada CV 369 Berkah Bangkalan; serta bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktik jual beli hewan tersebut. Penulisan merupakan hasil dari penelitian lapangan (field research) pada CV 369 Berkah Bangkalan bertempat di Desa Tramok Kabupaten Bangkalan. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun data yang telah terkumpul diteliti menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, dengan cara memberikan deskripsi data terkait praktik jual beli hewan kurban dengan sistem perantara. Kemudian, dianalisis menggunakan pola pikir induktif berdasarkan pada fakta yang terjadi di lapangan. Serta memberi kesimpulan dari analisis tersebut sesuai dengan teori jual beli menurut hukum islam dan fatwa DSN MUI No.93/DSN-MUI/IV/2014. Kesimpulan dari hasil penelitian yakni: pertama, Praktik jual beli di CV 369 Berkah Bangkalan melibatkan beberapa pihak, termasuk pihak CV 369 Berkah Bangkalan sebagai pemilik barang, blantik sebagai perantara, dan pembeli hewan kurban. blantik memiliki hak memperoleh keuntungan finansial, yaitu upah yang diketahui atas pekerjaan yang dilakukannya. Karena kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan tentang persyaratan yang telah disepakati sebelumnya, praktik ini sudah sesuai ketentuan. Blantik yang melakukan kecurangan akan dianggap melanggar aturan. Kedua, penjualan hewan kurban melalui sistem perantara pada CV 369 Berkah Bangkalan, yang melibatkan tiga pihak: penjual, blantik dan pembeli. Menurut hukum islam transaksi yang dilaksanakan sah dan memenuhi semua yang disebutkan dalam rukun dan syarat jual beli, termasuk persyaratan bahwa perjanjian jual beli harus dinyatakan secara jelas dan tegas serta para pihak harus memahaminya, hal tersebut dibenarkan dalam Fatwa DSN-MUI Nomor 93/DSN-MUI/IV/2014. Dampak dari ketidak jujuran makelar tidaklah membatalkan akad jual beli yang dilaksanakan, hanya bagi pihak makelar tersebut perlu tidak diperkenankan melaksanakan jasanya sebagai makelar sebab berbuat curang, sampai dia benar-benar bertaubat dan menyesal akan perbuatan yang dilakukannya. Adapun dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran penjualan hewan kurban di CV 369 Berkah Bangkalan menggunakan jasa blantik, sangat penting untuk memperhatikan pihak yang menjadi makelar agar tidak ada yang dirugikan, baik kerugian pada pembeli maupun CV 369 Berkah Bangkalan. Selain itu, sangat penting bagi CV 369 Berkah Bangakalan untuk membuat perjanjian hitam di atas putih pada blantik, agar mereka dapat melakukan tindak lanjut atas kecurangan atau penipuan yang terjadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzakky, Muhammad Alizakky.alfetih@gmail.com05030220083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyati, Dimyatidimyati@uinsby.ac.id2026087702
Subjects: Hukum Ekonomi
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Jual beli; hewan kurban; Blantik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muzakky Asy'ari
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:30
Last Modified: 21 Mar 2024 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69075

Actions (login required)

View Item View Item