Pengaruh kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila terhadap peningkatan dimensi bernalar kritis pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 2 Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Ilmi (2024) Pengaruh kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila terhadap peningkatan dimensi bernalar kritis pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 2 Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilmi Istiqomah_06040120081 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmi Istiqomah_06040120081 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2027.

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah aktivitas yang didesain sesuai tujuan dan karakteristik Profil Pelajar Pancasila. Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap peningkatan dimensi bernalar kritis pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini mengkaji beberapa masalah, yakni: (1) Proses kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam meningkatkan dimensi bernalar kritis pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kota Mojokerto (2) Level kemampuan bernalar kritis dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ditinjau dari kriteria Waston Glaser Critical Thinking Appraisal (WGCTA) pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kota Mojokerto (3) Pengaruh kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap peningkatan dimensi bernalar kritis pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan field research. Data yang terkumpul berbentuk angket dan tes untuk mengukur dimensi bernalar kritis siswa yakni Watson Glaser Critical Thinking Appraisal (WGCTA) Test. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah uji regresi linear berganda untuk mengukur seberapa besar pengaruh kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap peningkatan dimensi bernalar kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berhasil dilaksanakan dengan baik yakni berada pada kategori sedang dengan peningkatan pengetahuan sebesar 69.14%, partisipasi aktif 70.42%, pembentukan karakter 69.57%, peningkatan keterampilan 70%, dan pengaruh positif sebesar 70.21% (2) Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI berhasil meningkatkan nalar siswa dalam berpikir kritis terutama dalam penarikan kesimpulan, pengenalan asumsi, deduksi, interpretasi, dan evaluasi argumen dengan hasil pretest dan postest yang mengalami peningkatan dari 70,21% menjadi 75,53% dengan perolehan nilai rata-rata pada kategori sedang (3) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan dimensi bernalar kritis pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kota Mojokerto. Hasil analisis regresi linear berganda kelima variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 87,6% variasi dalam variabel terikat dapat dijelaskan oleh variabel bebas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Ilmiilmiistiqomah05@gmail.com06040120081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorNiam, Khoirunkhoirunniam@uinsby.ac.id2025077001
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengaruh; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila; Bernalar Kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilmi Istiqomah
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:49
Last Modified: 21 Mar 2024 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69109

Actions (login required)

View Item View Item