Aspek maqasid kisah Nabi Yusuf menjadi bendahara negara dalam Q.S. Yusuf [12]: 54-57

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nur (2024) Aspek maqasid kisah Nabi Yusuf menjadi bendahara negara dalam Q.S. Yusuf [12]: 54-57. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hidayati_07020320071 OK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nur Hidayati_07020320071 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (5MB)

Abstract

Ayat kisah yang terkandung dalam al-Qur’an cukup banyak hingga mencapai 1600-an, angka tersebut lebih banyak jika di bandingkan dengan ayat hukum yang hanya berjumlah sekitar 330-an. Hal itu tidak mengherankan, sebab, penggunaan bentuk kisah dalam gaya penyampaian merupakan salah satu faktor psikologis yang signifikan untuk memberikan pelajaran maupun peringatan. Diantara kisah terbaik adalah kisah Nabi Yusuf, kisahnya diceritakan begitu panjang dan utuh satu surat dalam al-Qur’an. Salah satu episode menarik adalah ketika Nabi Yusuf menjadi bendahara negara dalam Q.S. Yusuf [12]: 54-57. Sejauh ini, episode tersebut dalam kajian sebelumnya kebanyakan terbatas hanya pada dimensi kepemimpinan dan pendidikan akhlak. Tulisan ini hadir untuk memperlihatkan bagaimana ayat kisah dalam Q.S. Yusuf [12]: 54-57 dengan perspektif tafsir maqasidi, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas, misalnya terkait aspek maqasid dan nilai fundamental maqasid yang terkandung di dalamnya, serta relevansinya dengan konteks masa kini. Penelitian ini termasuk studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan tafsir maqasidi yang telah dikembangkan oleh Abdul Mustaqim. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, kisah Nabi Yusuf menjadi bendahara negara dalam Q.S. Yusuf [12]: 54-57 mengandung beberapa aspek maqasid berupa hifz al-nafs, hifz al-din, hifz al-mal, hifz al-nasl, dan hifz al-bi’ah, serta lima nilai fundamental maqasid berupa al-wasatiyyah, al-‘adalah, al-hurriyah ma‘a al-mas’uliyyah, al-musawah, dan al-insaniyyah. Relevansinya dengan konteks masa kini adalah bahwa para pejabat memiliki peran yang cukup penting dalam upaya hifz al-nafs dan hifz al-mal dalam suatu negara. Kemudian hifz al-din dari segi produktif dapat diupayakan melalui kedudukan yang dimiliki oleh seorang muslim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nurhidayatisudahri@gmail.com07020320071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Moh.myardho@gmail.com2110068501
Subjects: Cerita Nabi
Islam dan Humanisme
Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Keywords: Ayat kisah; Nabi Yusuf; tafsir maqasidi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nur Hidayati
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:34
Last Modified: 01 Apr 2024 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69131

Actions (login required)

View Item View Item