Maqashid al-Qur'an rurah al-Hujurat: aplikasi teori maqashid Sa'id Nursi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafsiyah, Ismy Izzah An (2024) Maqashid al-Qur'an rurah al-Hujurat: aplikasi teori maqashid Sa'id Nursi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismy Izzah An-Nafsiyah_07030320096.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ismy Izzah An-Nafsiyah_07030320096_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Teks-teks al-Qur’an yang terbatas, menuntut sebuah penafsiran yang dapat mengkontekstualkan pada peradaban umat yang semakin berkembang. Salah satu faktor yang mempengaruhi ialah kebutuhan atas umat itu sendiri, terlebih pada umat Islam, sebagaimana al-Qur’an merupakan pedoman baginya. Dengan adanya perihal tersebut, maka penafsiran al-Qur’an membutuhkan suatu metode yang dapat membantu untuk mempermudah dalam memahami al-Qur’an, salah satunya adalah metode maqasid al-Qur’an. Metode yang dijadikan sebagai alat dan indikator utama dalam menafsirkan teks-teks al-Qur’an dengan menunjukkan representasi inti dari al-Qur’an. Sa’id Nursi berpendapat mengenai adanya maqasid al-Qur’an. Ia membaginya menjadi tiga, yakni; maqasid al-kulli al-‘am, maqasid al-suwar al-Qur’aniyyah, maqasid al-ayah al-Qur’aniyyah. Kemudian selain tiga maqasid yang disebutkan di atas, ia juga berpendapat bahwa tujuan utama al-Qur’an meliputi empat pokok atau yang disebut dengan maqasid al-asasiyyah al-arba’ah, yakni; al-tauhid, al-nubuwwah, al-hashr, al-‘adl. Maksud dan tujuan dari al-Qur’an terintegrasi dalam surah-surah yang terkandung di dalamnya. Seperti halnya dalam Surah al-Hujurat. Kiranya sangat penting memahami maksud dan tujuan dalam surah tersebut. Dengan memahami maqasid al-Qur’an dalam Surah al-Hujurat, seorang hamba akan dengan mudah mengimplementasikan nilai-nilai agama Islam dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Terutama pada nilai-nilai ketakwaan terhadap Allah SWT beserta Rasulullah SAW, menjaga hubungan antar sesama mukmin atau umat lain dengan berlandaskan akhlak yang baik, serta bijak dalam menghadapi berbagai persoalan yang terjadi. Dengan adanya tujuan tersebut, maka penelitian ini berusaha untuk menggali maqasid al-kulli dan maqasid al-asasiyyah al-arba’ah dalam Surah al-Hujurat dengan mengaplikasikan teori maqasid al-Qur’an Sa’id Nursi. Hasil dari penelitian ini, secara garis besar maqasid al-kulli dalam Surah al-Hujurat yakni tentang perintah bertakwa kepada Allah dan Rasul-Nya. Dalam Surah al-Hujurat juga mengandung maqasid al-asasiyyah yang terdiri dari tauhid, nubuwwah, h}ashr,adl sesuai dengan pendapat yang disampaikan oleh Sa’id Nursi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafsiyah, Ismy Izzah Anismyizzah@gmail.com07030320096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Moh.myardho@gmail.com2110068501
Subjects: Islam
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Maqasid al-Qur’an; surah al-Hujurat; Sa’id Nursi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: ismy izzah izzah
Date Deposited: 22 Mar 2024 05:24
Last Modified: 22 Mar 2024 05:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69133

Actions (login required)

View Item View Item