التناص في كتاب سمط الدرر في أخبار مولد خير البشر للحبيب علي بن محمد الحبشي - Intertekstual dalam Kitab Simthud Durar fi Akhbari Maulidi Khoiri Al Basyar karangan Habib Ali bin Muhammad Al Habsy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfikri, Muhammad (2024) التناص في كتاب سمط الدرر في أخبار مولد خير البشر للحبيب علي بن محمد الحبشي - Intertekstual dalam Kitab Simthud Durar fi Akhbari Maulidi Khoiri Al Basyar karangan Habib Ali bin Muhammad Al Habsy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zulfikri_03020120059 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Zulfikri_03020120059 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pengarang sebuah kitab dalam menuangkan idenya dalam suatu karya pasti mempunyai sandaran pada karya lain yang telah ada sebelumnya. Seorang penulis biasanya telah mengkaji dan menelaah karya-karya lain sebelum menuliskan gagasannya karena suatu karya tidak akan lahir dari kekosongan budaya. Kajian Intertekstual ini adalah kajian yang membahas soal pengutipan sebuah karya yang lahir sebelumnya dan dituangkan oleh penulis setelahnya pada karya tulis yang dibuatnya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui hipogram ayat-ayat Al Quran yang ditranformasikan ke dalam kitab Simthud Durar fi Akhbari Maulidi Khoiri Al Basyar oleh Habib Ali bin Muhammad Al Habsy, serta mendeskripsikan bentuk-bentuk Intertekstual Al Quran dalam kitab Simthud Durar fi Akhbari Maulidi Khoiri Al Basyar. Penelitian ini berjenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode history. Peneliti menggunakan teori dari Julia Kristeva dan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian mendapatkan hasil: (1) Habib Ali menggunakan banyak sekali transformasi ayat-ayat Al Quran baik dari lafadz, tema, maupun mengutip penggalan ayat secara langsung. Adapun ayat yang ditransformasikan dalam bentuk lafadz ada 17 Ayat, ayat yang ditransformasikan dalam sebuah makna ada 12 Ayat, dan ayat yang dikutip secara langsung ada 12 ayat. (2) bentuk-bentuk intertekstual al-qur’an dalam kitab Simthud Durar fi Akhbari Maulidi Khoiri Al Basyar yaitu: al-tanash al-iqtibasi al-kamil munashas(sitasi) 5 lafadz, al-tanash al-iqtibasi al-kamil al-muhawwar (modifikasi) 4 lafadz, al-tanash al-iqtibasi al-juz’i (konversi) 23 lafadz, al-tanash al-isyari(indikasi) 5 lafadz, al-tanash al-imtishashi (ekserp) 7 lafadz.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfikri, Muhammadakufikri2055@gmail.com03020120059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurfathurrohim0169@gmail.com196901251994031005
Thesis advisorTaufiqurrohman, Taufiqurrohmantaufiqurrohman@uinsby.ac.id198907182020121008
Subjects: Sastra
Keywords: Intertekstual; Al Quran; Maulid Simtud Durar
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muhammad Zulfikri
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:45
Last Modified: 21 Mar 2024 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69135

Actions (login required)

View Item View Item