This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hasan, Nur (1999) KONTRIBUSI PENGAJARAN USHUL FIQH TERHADAP PEMAHAMAN HUKUM ISLAM DI KALANGAN SISWA MADRASAH DINIYAH IHYA’ ULUMUDDIN PONDOK PESANTREN AL HAQIQI SIDORESMO WONOCOLO SURABAYA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (794kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (932kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (530kB) | Preview |
Abstract
Persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: bagainana pelaksanaan pengajaran ushul fiqh di madraeah diniyah Ulumuddln pondok pesantrea al Haqlql sidoresmo Surabaya, bagainana kemampuan sliwa d.alam memahami hukum Islam di madrasah diniyah Ihya’ Ulumuddin pondok pesantren al. Haqiqi Sidorerno Surabaya, Dapatkah pengajaran ushul fiqh memberikan kontribusi bagi siswa di madrasah diniyah tersebut dalam memahami hokum-hukum Islam. Adapun metode penelitian yang pakai dalam penulisan skripsi ini yaitu dengan menggunakan sistem penelitian populasi karena yang dijadikan obyek penelitian adalah semua populasi yang terdiri dari semua semua siswa kelas I dan II yang berjumlah 60 siswa, , teknik pengumpulan datanya mengguynakan metode observasi, interview dan dokumentasi, sedanf metode analisa datanya menggunakan analisis statistic dengan menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) Pelaksanaan pengajaran ushul fiqh di madrasah diniyah Ihya” Ulumuddin adalah meliputi antara lain: penyajian materi ushul fiqh, aplikasi beberapa metode mengajar, pelaksanaan evaluasi siswa yang meliputi prestasi Pos tes, evaluasi formatif ataupun sumatif. (2) Pengajaran ushul fiqh yang diterapkan di madrasah diniyair Ihya' Ulurnuddin adalah dikhususkan pada kelas I dan II Aliyah. (3). pengajaran ushuL fiqh dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman hukum Islam bagi siswa Madrasah Aliyah tersebut adalah dapat diterirna kebenarannya, walaupun berkorelasi rendah atau lemah tapi pasti. Kesimpulan ini dapat diperoleh berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan rumus product moment yakni adanya pengaruh yang positif antara pengajaran ushul fiqh terhadap pemaharnan hukum Islam atau berdasarkan antara variabel X dan Y yang bertanda positif dengan perolehan 0, 314.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Abd Kadir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Fikih Hukum Islam Pesantren |
||||||
Keywords: | Pengajaran Ushul Fiqih; Pemahaman Hukum Islam; Pesantren | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 283 not found. | ||||||
Date Deposited: | 21 Jun 2016 04:41 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2016 02:29 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6914 |
Actions (login required)
View Item |