KONTRIBUSI PENGAJARAN USHUL FIQH TERHADAP PEMAHAMAN HUKUM ISLAM DI KALANGAN SISWA MADRASAH DINIYAH IHYA’ ULUMUDDIN PONDOK PESANTREN AL HAQIQI SIDORESMO WONOCOLO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasan, Nur (1999) KONTRIBUSI PENGAJARAN USHUL FIQH TERHADAP PEMAHAMAN HUKUM ISLAM DI KALANGAN SISWA MADRASAH DINIYAH IHYA’ ULUMUDDIN PONDOK PESANTREN AL HAQIQI SIDORESMO WONOCOLO SURABAYA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: bagainana pelaksanaan pengajaran ushul fiqh di madraeah diniyah Ulumuddln pondok pesantrea al Haqlql sidoresmo Surabaya, bagainana kemampuan sliwa d.alam memahami hukum Islam di madrasah diniyah Ihya’ Ulumuddin pondok pesantren al. Haqiqi Sidorerno Surabaya, Dapatkah pengajaran ushul fiqh memberikan kontribusi bagi siswa di madrasah diniyah tersebut dalam memahami hokum-hukum Islam. Adapun metode penelitian yang pakai dalam penulisan skripsi ini yaitu dengan menggunakan sistem penelitian populasi karena yang dijadikan obyek penelitian adalah semua populasi yang terdiri dari semua semua siswa kelas I dan II yang berjumlah 60 siswa, , teknik pengumpulan datanya mengguynakan metode observasi, interview dan dokumentasi, sedanf metode analisa datanya menggunakan analisis statistic dengan menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) Pelaksanaan pengajaran ushul fiqh di madrasah diniyah Ihya” Ulumuddin adalah meliputi antara lain: penyajian materi ushul fiqh, aplikasi beberapa metode mengajar, pelaksanaan evaluasi siswa yang meliputi prestasi Pos tes, evaluasi formatif ataupun sumatif. (2) Pengajaran ushul fiqh yang diterapkan di madrasah diniyair Ihya' Ulurnuddin adalah dikhususkan pada kelas I dan II Aliyah. (3). pengajaran ushuL fiqh dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman hukum Islam bagi siswa Madrasah Aliyah tersebut adalah dapat diterirna kebenarannya, walaupun berkorelasi rendah atau lemah tapi pasti. Kesimpulan ini dapat diperoleh berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan rumus product moment yakni adanya pengaruh yang positif antara pengajaran ushul fiqh terhadap pemaharnan hukum Islam atau berdasarkan antara variabel X dan Y yang bertanda positif dengan perolehan 0, 314.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abd Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasan, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Hukum Islam
Pesantren
Keywords: Pengajaran Ushul Fiqih; Pemahaman Hukum Islam; Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2016 04:41
Last Modified: 22 Jun 2016 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6914

Actions (login required)

View Item View Item