Perjalanan kiprah KH. Abdul Muchid Murtadho di Surabaya: meninggalkan jejak di Kembang Kuning

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Almaulidi, Masyfi'i Ridho (2024) Perjalanan kiprah KH. Abdul Muchid Murtadho di Surabaya: meninggalkan jejak di Kembang Kuning. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Masyfi'i Ridho Almaulidi_A02219028 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Masyfi'i Ridho Almaulidi_A02219028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perjalanan Kiprah Kh. Abdul Muchid Murtadho Di Surabaya: Meninggalkan Jejak Di Kembang Kuning” memiliki pembahasan yang diperinci dalam tiga rumusan masalah utama yaitu: (1) Bagaimana situasi dan kondisi masyarakat di Kampung Kembang Kuning? (2) Bagaimana latar belakang kehidupan KH. Abdul Muchid? (3) Bagaimana dinamika masyarakat di Kampung Kembang Kuning Surabaya?Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah sosial. Sosiologi digunakan untuk melihat pola interaksi dan pemikiran dari tokoh yang sedang dikaji dalam skripsi ini. Hal itu juga didukung melalui pernyataan dari Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari proses sosial, termasuk perubahan sosial dan struktur sosial yang meliputi nilai-nilai sosial, sistem sosial, dan hubungan-hubungan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah yang terdiri dari heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Kembang Kuning adalah wilayah yang masuk dalam Kelurahan Pakis Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Kiai Abdul Muchid Murtadho merupakan seorang Ketua Majelis Ulama’ Indonesia Kota Surabaya. Beliau dilahirkan pada 20 Januari 1940 dari pasangan Kiai Akhmad Murtadho dan Siti Aminah. Kiai Abdul Muchid Murtadho menerapkan sikap tidak pernah berburuk sangka dan membeda-bedakan siapapun yang datsng. Konsep politik akar rumput dijadikan sebagai pandangan beliau mempertahankan kedamaian dan kerukunan di Kembang Kuning. Selain itu, beliau juga turut andil dan berperan dalam kegiatan keagamaan, Pendidikan dan sosial di wilayah Surabaya khususnya Kembang Kuning.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Almaulidi, Masyfi'i RidhoMasyfiiridho@gmail.comA02219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.id2028106301
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Kiai; Muchid Murtadho
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Masyfi'i Ridho Almaulidi
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:22
Last Modified: 22 Mar 2024 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69155

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item