Peran industri dompet kulit dalam membuka peluang kerja pemuda di Dusun Kenongo Lor Desa Kenongosari Kecamatan Soko Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Nur Hidayatus (2024) Peran industri dompet kulit dalam membuka peluang kerja pemuda di Dusun Kenongo Lor Desa Kenongosari Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hidayatus Sa'adah_10020320062 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur Hidayatus Sa'adah_10020320062 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini mengkaji perkembangan dompet kulit, kontribusi dompet kulit dalam mengurangi pengangguran, serta faktor yang menyebabkan pemuda memilih peluang pekerjaan pada industri dompet kulit di Dusun Kenongo Lor Desa Kenongosari Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan purposive sampling yaitu pengrajin dompet kulit yang berusia 20-35 tahun serta sudah bekerja sebagai pengrajin minimal satu tahun. Data kualitatif diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Kemudian untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Dalam penelitian ini teori yang digunakan untuk menganalisis yaitu menggunakan Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa industri dompet kulit memiliki peran dalam membuka peluang kerja pada pemuda yang sudah berkembang sejak tahun 2000-an. Industri ini bekerja sama dengan pabrik CV. Devina yang berlokasi di Surabaya. Hadirnya industri dompet kulit ini memberikan kontribusi dalam mengurangi pengangguran, karena dengan adanya peluang pekerjaan ini dimanfaatkan oleh pemuda setempat untuk mendapatkan penghasilan. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi pemuda memilih peluang pekerjaan ini, yakni faktor sosial dan faktor ekonomi. Faktor sosial yaitu pemuda memilih pekerjaan ini karena dorongan dan ajakan dari teman maupun keluarga. Faktor ekonomi yaitu pemuda memilih pekerjaan ini dengan tujuan memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Nur Hidayatusnurhidayatus1752@gmail.com10020320062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahfisip0103@gmail.com2001037701
Subjects: Industri RumahTangga
Keywords: Peran; pemuda; dompet kulit; peluang kerja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nur Hidayatus Sa'adah
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:19
Last Modified: 22 Mar 2024 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69174

Actions (login required)

View Item View Item