Pemberdayaan kelompok tani hutan Kepuh dalam meningkatkan kemandirian ekonomi melalui inovasi pengolahan kopi rempah instan di Dusun Mendiro Desa Panglungan Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lumiasari, Fika (2024) Pemberdayaan kelompok tani hutan Kepuh dalam meningkatkan kemandirian ekonomi melalui inovasi pengolahan kopi rempah instan di Dusun Mendiro Desa Panglungan Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fika Lumiasari_04020220034 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 May 2027.

Download (29MB)
[img] Text
Fika Lumiasari_04020220034.pdf

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pemberdayaan Kelompok Tani Hutan (KTH) Kepuh dalam meningkatkan kemandirian ekonomi kopi melalui inovasi pengolahan kopi rempah. Relevansi antara dakwah bil hal bahwa penelitian ini mengajak KTH Kepuh untuk mensyukuri dan berusaha memperkuat aset maupun potensi yang dimiliki kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ABCD (Asset-Based Community Development). Tujuannya adalah untuk menemukan, mengembangkan, dan memanfaatkan aset yang ada pada kelompok KTH Kepuh dan Masyarakat Dusun Mendiro. Metode ABCD juga menjadi alat untuk mencapai perubahan sosial dan cita-cita yang diinginkan masyarakat. Strategi yang digunakan adalah edukasi dan pelatihan keterampilan pengolahan kopi rempah instan, pemasaran online dan offline, dan penguatan kapasitas individu dan kelompok dengan membentuk tim usaha. Hasilnya terciptanya keterampilan dalam mengolaha kopi rempah, kopi dan rempah-rempah memiliki nilai jual lebih tinggi, dan terbentuknya kelompok usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lumiasari, Fikafikalumiasari@gmail.com04020220034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nurnursyam7@yahoo.co.id2007055801
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Pengabdian Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; KTH (Kelompok Tani Hutan); kemandirian ekonomi; kopi rempah instan
Depositing User: Fika Lumiasari
Date Deposited: 07 May 2024 02:59
Last Modified: 07 May 2024 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69183

Actions (login required)

View Item View Item