Efektivitas perda Bojonegoro Nomor 5 Tahun 2017 tentang pengelolaan sampah di Kecamatan Ngasem

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nusantara, Bagus Aji (2024) Efektivitas perda Bojonegoro Nomor 5 Tahun 2017 tentang pengelolaan sampah di Kecamatan Ngasem. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bagus Aji Nusantara_05010720002 OK.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Bagus Aji Nusantara_05010720002 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 March 2027.

Download (7MB)

Abstract

Sampah merupakan salah satu persoalan di setiap daerah yang selalu ada dari masa ke masa. ehingga setiap daerah memerlukan penanganan khusus dan serius tentang pengelolaan sampah. Maka diharuskan memiliki regulasi untuk menanggulangi persoalan sampah masing masing daerah, Pemerintah Bojonegoro mengeluarkan Peraturan Daerah Bojonegoro Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah. Peneliti mengambil 2 rumusan masalah, pertama, bagaimana implementasi perda ini di kecamatan ngasem, dan kedua, apa factor yang menjadi hambatan implementasi dan berikan tawaran solusinya.Data hasil penelitian ini dihimpun menggunakan jenis penelitian studi empiris, yaitu dengan menggali informasi dari sumber utama yang memiliki wewenang langsung terkait kebijakan penanganan sampah, dilakukan dengan cara interviu, observasi dan riset dokumen instansi pemerintahan. penelitian ini menggunakan pendekatan sosio-legal yang berarti bahwa pendekatan ini merupakan pendekatan alternatif yang digunakan untuk menguji studi doctrinal terhadap hukum.Hasil penelitian ini, diantaranya:Pertama, mayoritas daerah yang menjadi objek penelitian belum ada yang memiliki sarana dan prasarana pengelolaan sampah sebagaimana isi peraturan daerah yang mewajibkan penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan sampah. Pelaksanaan kebijakan tentang pengelolaan sampah belum dilaksanakan secara komprehensif baik dari pemerintah kabupaten, pemerintah kecamatan, maupun pemerintah desa. Kedua, terdapat beberapa hambatan yang ditemukan peneliti dalam pelaksanaan pengelolaan sampah, baik dari faktor implementor pelaksana kebijakan, tidak adanya bentuk sarana dan prasarana dan kurangnya partisipasi masyarakat. Sejalan dengan hasil dari pembahasan skripsi, peneliti dapat memberikan saran yaitu: Pertama, proses implementasi penanganan sampah harusnya didorong dan dilaksanakan oleh seluruh pemangku kebijakan, baik berupa fasilitasi secara langsung maupun tidak langsung, dengan cara sosialisasi kepada masyarakat dan adanya terobosan kebijakan berupa fasilitasi sarana dan prasarana pengelolaan sampah. Kedua, masyarakat sebagai penentu berhasilnya sebuah implementasi pengelolaan sampah, seyogianya dapat memiliki kesadaran dari masing masing individu dalam hal kepedulian lingkungan, terkhusus dalam proses pengelolaan sampah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nusantara, Bagus Ajiajinuusantara@gmail.com05010720002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarjiyati, Sriwarjiyatisri@gmail.com2026086802
Subjects: Hukum > Hukum Perdata
Keywords: Sampah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Publik Islam
Depositing User: Bagus Aji Nusantara
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:42
Last Modified: 26 Mar 2024 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69197

Actions (login required)

View Item View Item