Relevansi al-Qur'an dan sains: studi Tafsir Rahmat karya Oemar Bakry

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahrok, Siti Fatimatuz (2025) Relevansi al-Qur'an dan sains: studi Tafsir Rahmat karya Oemar Bakry. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Fatimatuz Zahrok_07020320079 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Siti Fatimatuz Zahrok_07020320079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tafsir Rahmat karya Oemar Bakry adalah salah satu kitab tafsir yang menafsirkan dengan menggunakan pengetahuan modern. Meskipun isi penafsirannya yang cenderung global, Oemar Bakry nampak memasukkan pendapat-pendapat ilmuwan sains untuk menguatkan argumen penafsirannya. Penelitian ini muncul dilatarbelakangi dengan adanya peristiwa fenomena alam yang dibuktikan dengan sains modern. Penelitian ini memuat dua pernyataan permasalahan yakni bagaimana penafsiran Oemar Bakry terhadap ayat-ayat kauniyah dan bagaimana relevansi penafsiran Oemar Bakry terkait dengan ilmu sains modern. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berbentuk kepustakaan (library research) yang ditulis dengan menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Penelitian ini memfokuskan kajiannya pada relevansi al-Qur’an terhadap sains, dengan mengambil ayat-ayat kauniyah untuk dijadikan objek penelitian. Studi ini menemukan bahwa ada hubungan antara interprestasi Oemar Bakry tentang ayat kauniyah dalam al-Qr’an dan studi sains modern. Beberapa konsep, seperti penciptaan yang harmonis, unsur-unsur alam, dan petunjuk tentang perkembangan embrio manusia, memiliki kesesuian dengan teori-teori sains yang berkembang saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahrok, Siti Fatimatuzsifazazahrok@gmail.com07020320079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abdurabdur.rohman@uinsby.ac.id211011008
Subjects: Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Ayat-ayat kauniyah; teori; tafsir Rahmat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Zahrok Siti Fatimatuz
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:23
Last Modified: 27 Mar 2024 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69200

Actions (login required)

View Item View Item