Pengembangan media roda putar berbasis qr code untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipas di SD Yapita Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zamzami, Muhammad Rifqi (2024) Pengembangan media roda putar berbasis qr code untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipas di SD Yapita Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rifqi Zam Zami_02041022017 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (8MB)
[img] Text
Muhammad Rifqi Zam Zami_02041022017 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan media roda putar digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Kurangnya media pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu penyebab rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang dapat melihat kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan desain pengembangan media Roda Putar berbasis QR Code dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di SD Yapita Surabaya. 2) Untuk menguji kevalidan media Roda Putar berbasis QR Code yang telah dikembangkan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di SD Yapita Surabaya. 3) Untuk menguraikan kepraktisan media Roda Putar berbasis QR Code yang telah dikembangkan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di SD Yapita Surabaya. 4) Untuk menganalisis keefektifan dari media Roda Putar berbasis QR Code yang telah dikembangkan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di SD Yapita Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah 28 peserta didik VI SD Yapita Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, dan tes. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik analisis validitas dan analisis efektivitas menggunakan uji paired sample t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Desain dari media yang dikembangkan mengacu pada kebutuhan dan kondisi di lapangan yang dibuat menggunakan media roda putar berbasis QR Code, media telah mendapatkan validasi dari ahli materi dan ahli media dengan kategori sangat layak; 2) Media roda putar dinyatakan "sangat valid" oleh validator ahli dengan rata-rata skor kevalidan sebesar 4,7 dengan persentase 93%. 3) Media roda putar dinyatakan praktis dengan sedikit revisi secara teori dari ahli, sedangkan secara praktik oleh respon siswa memperoleh rata-rata 4,12 dengan persentase 83% sehingga sangat praktis.; 4) Hasil uji efektivitas menyatakan bahwa media pembelajaran roda putar berbasis QR Code efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPAS peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zamzami, Muhammad Rifqirifqizamzami393@gmail.com02041022017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@gmail.com2022076802
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pengembangan roda putar; keterampilan berpikir kritis; hasil belajar; qr code; pembelajaran IPAS
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Rifqi Zam zami
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:20
Last Modified: 27 Mar 2024 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69201

Actions (login required)

View Item View Item