Eksistensi majelis Salawat Al-Kautsar di Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto: kajian living hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizky, Maulana Achsanul (2023) Eksistensi majelis Salawat Al-Kautsar di Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto: kajian living hadis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulana Achsanul Rizky_E75219060 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Maulana Achsanul Rizky_E75219060 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Fenomena tradisi tentang majelis sholawat telah marak terjadi dikalangan masyarakat. Dengan fokus permasalahan terkait penelitian eksistensi majelis sholawat Al-Kautsar berguna untuk mengembangkan terhadap majelis yang diteliti. Keeksistensian majelis yang semula sepi menjadi ramai, hingga fakum sangat menarik untuk diteliti. Sehingga keberadaan majelis Al-Kautsar dapat berkembang kembali seperti saat ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana praktek tradisi majelis sholawat Al-Kautsar praktik kegiatan majelis salawat Al-Kautsar di Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto serta Bagimana dasar penerapan hadis majelis salawat Al-Kautsar di Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto dan Bagaimana pemahaman jamaah majelis Al-Kautsar di Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto terhadap hadis majelis salawat. Model penelitian ini kualitatif dengan jenis penelitian field research. Untuk menunjang kajian lapangan pada penelitian ini menggunakan sumber data berupa wawancara. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kajian living hadis tentang tradisi majelis sholawat yang dipraktekkan oleh jama’ah majelis meskipun banyak dari mereka yang tidak mengetahui teks hadis secara langsung. Kualitas hadis yang menjadi dasar dari praktek majelis sholawat tersebut adalah shahih lighairih dan dapat dijadikan hujjah. Sedangkan pemahaman jama’ah terhadap hadis majelis sholawat mereka menganggap hadis tersebut senilai dengan etika dalam Islam. Karenanya dalam menghadiri majelis salawat kekhusyukan lebih diutamakan dari segalanya. Maka dari itu keberadaan majelis al-kautsar dapat diterima baik oleh jamaah dan para masyarakat. Sedangkan majelis salawat yang baik adalah majelis yang selalu mengedepankan istiqomah rutinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizky, Maulana Achsanulmaulanarizky14052001@gmail.comE75219060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorsucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Hadis
Keywords: Living Hadis; Majelis Sholawat; Praktek.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: maulana achsanul rizky
Date Deposited: 23 Mar 2024 00:56
Last Modified: 23 Mar 2024 00:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69211

Actions (login required)

View Item View Item