حرف الجر في اللغتين العربية والجاوية (دراسة تقابلية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Lulu' Anandia (2024) حرف الجر في اللغتين العربية والجاوية (دراسة تقابلية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Lulu' Anandia Putri_03020120052 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lulu' Anandia Putri_03020120052 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan antara bahasa Arab dan bahasa Jawa dalam Jer/Preposisi. Preposisi atau bias disebut juga sebagai kata depan adalah kata yang berfungsi menghubungkan suatu kata dengan kata yang lain,yang juga disebut dengan kata sambung atau kata penghubung. Kajian tentang preposisi sering kita jumpai dalam mata pembelajaran Nahwu yang terkadang membuat pelajar sulit untuk memahaminya. Dengan ini peneliti memperlihatkan persamaan dan perbedaan Jer/Preposisi dalam dua Bahasa supaya dapat mempermudah para pelajar untuk memahami kajian kontrastif. Akan tetapi, dalam penelitian ini terdapat kesulitan atau permasalahan dalam menemukan sumber penelitian karena pembagian preposisi yang berbeda-beda. Maka dari itu peneliti menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif, dan sumber data diambil secara pustaka (Library Research Method) melalui sampel buku, Jurnal, Website, dan Artikel tentang Preposisi dalam Bahasa Arab dan Jawa. Berdasarkan temuan yang didapatkan oleh peneliti, persamaan antara Preposisi dalam Bahasa Arab dan Bahasa Jawa adalah kata yang yang digunakan untuk menghubungkan suatu kata dengan kata yang lainnya yang tidak memiliki makna leksikal,oleh karena itu preposisi tidak mempunyai arti apabila tidak disambungkan dengan kata lain. Adapun perbedaan Preposisi dalam Bahasa Arab mempunyai beberapa makna yang tidak terdapat dalam preposisi Bahasa Jawa, sedangkan dalam Preposisi Bahasa Jawa terdapat kata yang tidak termasuk kedalam bentuk Preposisi dalam Bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Lulu' Anandiaanandia081@gmail.com03020120052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurfathurrohim0169@gmail.com2025016901
Thesis advisorNasaruddin, Nasaruddinnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Keywords: Analisis Kontrastif; Preposisi/Huruf Jer; Bahasa Arab dan Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Lulu' Anandia Putri
Date Deposited: 23 Mar 2024 00:23
Last Modified: 23 Mar 2024 00:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69218

Actions (login required)

View Item View Item