التضاد في الأخبار السياسية بسي إن إن العربية (الدراسة الدلالية) Antonim dalam Berita Politik di CNN Arabic

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Arya Pratama (2024) التضاد في الأخبار السياسية بسي إن إن العربية (الدراسة الدلالية) Antonim dalam Berita Politik di CNN Arabic. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arya Pratama Ramadhani_03020120036 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Arya Pratama Ramadhani_03020120036 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Fenomena antonimi dalam kajian lingustik bukanlah suatu hal yang asing. Masyarakat umum pasti sudah sangat familiar dengan istilah itu. Tetapi banyak orang masih mempunyai pemikiran bahwa antonim hanya itu-itu saja, seperti hitam putih, pria wanita, timur barat, dan sebagainya. Padahal masih banyak lagi jenis-jenis antonim menurut pakar ilmu, yang masih banyak orang awam belum mengetahuinya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, peneliti memaparkan kajian antonimi dengan mengambil objek berita politik di CNN Arabic. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi jenis-jenis antonim dalam berita politik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori antonim menurut Muhammad Ali Al-Khuli, yang menyebutkan 9 jenis antonimi, diantaranya antonim mutlak, antonim bertingkat, antonim berhubungan, antonim bagian, antonim vertikal, antonim horizontal, antonim hirarki, antonim perputaran, dan antonim kaitan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara pengumpulan data terkait antonimi dalam berita politik. Sedangkan, teknik pengamatannya menggunakan teknik dokumentasi. Implementasi dari penelitian ini adalah sebagai pemenuhan tugas skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan jenis-jenis antonimi yang ada dalam berita politik di CNN Arabic.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Arya Pratamaaryapratama445@gmail.com03020120036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamalkamalyusuf@uinsa.ac.id2006067901
Thesis advisorRohman, Abdurvi_man84@yahoo.co.id2001068001
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Linguistik
Keywords: Antonimi; Muhammad Ali Al-Khuli; Berita politik; CNN Arabic
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Arya Pratama Ramadhani
Date Deposited: 23 Mar 2024 05:57
Last Modified: 23 Mar 2024 05:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69219

Actions (login required)

View Item View Item