الإنعكاس الإجتماعي المصري في رواية الكرنك لنجيب محفوظ (دراسة الأدب الإجتماعي لألان سوينجوود ( ارائه الأدب عن الأدب الإجتماعي ) )

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Diajeng Firdawati (2024) الإنعكاس الإجتماعي المصري في رواية الكرنك لنجيب محفوظ (دراسة الأدب الإجتماعي لألان سوينجوود ( ارائه الأدب عن الأدب الإجتماعي ) ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diajeng Firdawati Ramadhani_03020120040 OK.pdf

Download (890kB)
[img] Text
Diajeng Firdawati Ramadhani_03020120040 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Karya-karya Naghib Mahfudz menjadi salah satu karya sastra Arab yang banyak berisi kritikan terhadap ketimpangan yang terjadi. Tak terkecuali novel Al- Karnak yang mengkritik masa pemerintahan presiden kedua Mesir. Selain itu, novel ini lebih banyak mengisahkan sejarah dan kehidupan sosial masyarakat Mesir yang memprihatinkan. Dengan demikian, penelitian ini berupaya mengungkap bentuk refleksi sosial dalam novel Al-Karnak. Menggunakan teori Alan Swingewood sebagai pisau analisisnya dengan pendekatan sosiologi sastra, yaitu karya sastra sebagai refleksi sosial. Penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat, dengan fokus analisa teks berupa teks novel yang mengandung unsur intrinsik dan refleksi sosial yang terkandung dalam novel. Sedangkan, metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan unsur intrinsik novel Al-Karnak (2) mendeskripsikan bentuk refleksi sosial Mesir dalam novel Al-Karnak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam novel antara lain : tema, tokoh dan penokohan (Qurunfula, Ismail Syaikh, Zainab Diyab, Khalid Safwan), alur, latar, dan amanat. (2) Bentuk-bentuk refleksi sosial Mesir dalam novel. Terdapat 7 bentuk refleksi sosial Mesir dalam novel Al-Karnak, dengan 2 data berupa struktur sosial, 3 data berupa konflik kelas, 1 data berupa hubungan kekeluargaan, dan 1 data lainnya berupa demografi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Diajeng Firdawatidiajeng991@gmail.com03020120040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussu'ud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Thesis advisorHikmawati, Masnamasna.hikmawati@uinsby.ac.id2113049105
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Sosiologi sastra; Refleksi sosial; Al Karnak.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Diajeng Firdawati Ramadhani
Date Deposited: 23 Mar 2024 09:46
Last Modified: 23 Mar 2024 09:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69225

Actions (login required)

View Item View Item