التناص القرآني في كتاب "الأحاديث الأربعة خطرات دينية" لتوفيق الحكيم في منظور جوليا كريستيفا (Julia Kristeva)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Siti Zakiyatul (2024) التناص القرآني في كتاب "الأحاديث الأربعة خطرات دينية" لتوفيق الحكيم في منظور جوليا كريستيفا (Julia Kristeva). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Zakiyatul Maghfiroh_03010120025 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 March 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Siti Zakiyatul Maghfiroh_03010120025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sastra Arab mencakup karya sastra yang ditulis menggunakan bahasa Arab. Sastra Arab meliputi puisi dan prosa yang ditulis menggunakan bahasa Arab, serta nonfiksi, novel, drama dan kritik. Dalam menulis karya sastra, pengarang tentunya tidak terlepas dan terinspirasi dengan tulisan lain. Pengarang juga tidak jarang mengambil suatu teks dari teks lain dan dimasukkan ke karya sastranya. Salah satu Sastrawan Arab adalah Taufiq Hakim. Taufiq Hakim merupakan sastrawan Arab termasyhur pada sastra Arab modern. Banyak karya yang telah ditulisnya, baik dari novel, cerpen, drama, dan literatur lainnya. Salah satu yang dikarangnya adalah Kitab Al-Ahadits Al-Arba’ah Khothorotun Diniyah, berbeda dengan kebanyakan karya yang ditulisnya, kitab ini berisi pemikiran agama oleh Taufiq Hakim. Dalam penulisannya tak jarang mengutip ayat-ayat Al-Qur’an di dalamnya. Oleh karena itu peneliti ingin mengkaji intertekstualitas Al-Qur’an dalam kitab ini. Penelitian ini dilakukan dengan objek Kitab Al-Ahadits Al-Arba’ah Khothorotun Diniyah yang ditinjau dari kajian interteks menurut perspektif Julia Kristeva. Data yang digunakan adalah seluruh aspek kebahasaan dan kesusastraan, baik berupa kata, kalimat atau wacana yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam penelitian ini. Adapun beberapa hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diperoleh beberapa data di antaranya; terdapat 33 teks yang mengandung interteks al-Qur’an secara langsung, 4 teks yang mengandung interteks Al-Qur’an secara tidak langsung. Fungsi masing-masing interteks adalah 13 teks sebagai penekanan atas topik yang umum, dan 6 teks sebagai pengulangan teks kutipan dalam teks baru, dan 18 teks sebagai ungkapan ideologis pengarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Siti Zakiyatulsitizakiyatulmaghfiroh@gmail.com03010120025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Thesis advisorFrank, Ahmadahmadfrank@yahoo.com2026097602
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Intertekstualitas al-Qur’an; al-Ahadits al-Arba’ah; Julia Kristeva
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Siti Zakiyatul Maghfiroh
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:38
Last Modified: 26 Mar 2024 03:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69228

Actions (login required)

View Item View Item