Ekonomi politik dalam kebijakan pemberdayaan berbasis ketahanan pangan di tingkat local: studi tentang program kelompok usaha bersama Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alby, Joey Dava Akbar Hanafiah (2024) Ekonomi politik dalam kebijakan pemberdayaan berbasis ketahanan pangan di tingkat local: studi tentang program kelompok usaha bersama Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN SUnan Ampel Surabaya.

[img] Text
Joey Dava Akbar Hanafiah Alby_10020120047 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Joey Dava Akbar Hanafiah Alby_10020120047 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mekanisme kepentingan state actor dan non state actor yang termaktub dalam program kebijakan inkubasi wirausaha kelompok usaha bersama bidang perikanan dan implikasinya terhadap kemandirian pangan para anggota kelompok yang ada di Kecamatan Kranggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan di antaranya adalah metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Kerangka teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian ini adalah teori yang dipaparkan oleh Jeffry Frieden terkait konsep ekonomi politik modern. Sejalan dengan argumentasi Frieden dalam penelitian ini yang mengutarakan bahwa terjalinnya sebuah relasi yang melibatkan antara pemerintah dengan masyarakat dan pihak swasta mempunyai kecenderungan untuk saling memaksimalkan kepentingan mereka dalam kebijakan yang menyangkut tentang urusan perekonomian. Hasil penelitian yang didapatkan adalah setiap aktor dalam program ini memiliki kepentingan mereka masing-masing. Mulai dari pemerintah kota Mojokerto yang memiliki kepentingan untuk memulihkan kestabilan ekonomi masyarakat pasca covid-19, masyarakat yang tergabung dalam kelompok usaha bersama memiliki kepentingan untuk menambah pendapatan dan memperoleh sarana prasarana gratis, hingga tengkulak yang memiliki kepentingan untuk memainkan harga jual beli lele dari anggota kelompok usaha bersama serta Ika Puspitasari yang memiliki kepentingan untuk menaikkan citra dirinya sebagai incumbent pada Pilkada Kota Mojokerto mendatang. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa program inkubasi wirausaha dinilai mampu membuat masyarakat mandiri secara pangan namun program ini tidak bisa menjadi sumber penghidupan utama di kalangan anggota kelompok usaha bersama di Kecamatan Kranggan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alby, Joey Dava Akbar Hanafiah10020120047@student.uinsby.ac.id10020120047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Noormaman.piramida@yahoo.com2019108501
Subjects: Ekonomi
Politik
Keywords: Ekonomi politik; aktor; kepentingan.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Joey Dava Akbar Hanafiah Alby Junus
Date Deposited: 23 Mar 2024 10:28
Last Modified: 23 Mar 2024 10:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69231

Actions (login required)

View Item View Item