Dispersi konsentrasi karbon monoksida (CO) di kawasan Pertigaan Tenger Kabupaten Gresik dengan pendekatan gaussian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathin, Ahmad Fikrul (2024) Dispersi konsentrasi karbon monoksida (CO) di kawasan Pertigaan Tenger Kabupaten Gresik dengan pendekatan gaussian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Fikrul Fathin_09020520021 ok.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Ahmad Fikrul Fathin_09020520021 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 March 2027.

Download (7MB)

Abstract

Kendaraan bermotor semakin meningkat jumlahnya seiring dengan bertambahnya populasi dan berkembangnya industri. Peningkatan kendaraan bermotor akan menyebabkan kemacetan di titik-titik pertemuan jalan, seperti di pertigaan Tenger. Pertigaan Tenger Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik termasuk kategori jalan nasional yang sering mengalami kemacetan. Hal ini akan menyebabkan terjadinya penumpukan polutan karbon monoksida (CO) yang paling banyak dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Oleh karena itu, diperlukan model prediksi konsentrasi CO untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil pemodelan CO dengan metode Gaussian di Pertigaan Tenger, menganalisis pola sebaran CO di Pertigaan Tenger dan memvalidasi hasil model Gaussian dengan hasil data lapangan menggunakan rumus IOA, FB dan NMSE. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan sampel konsentasi CO, Jumlah kendaraan bermotor, kecepatan kendaraan bermotor, kecepatan angin dan intensitas cahaya. Pemodelan dilakukan menggunakan metode Gaussian sedangkan pola sebaran menggunakan software MATLAB. Validasi hasil pemodelan dengan data pengambilan langsung dilakukan dengan validasi model IOA, FB dan NMSE. Analisi hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil pemodelan tertinggi adalah 33.763 μg/m3 pada hari senin pagi, sedangkan nilai terendah sebesar 14.418 μg/m3, pada hari minggu sore. Pola sebaran paling jauh pada hari jumat dengan sebaran sejauh 50 m kearah tenggara dan yang terpendek 40 m kearah selatan pada hari Minggu. Hasil validasi model dan data langsung menunjukkan kesesuaian antara keduanya. Hasil validasi IOA sebesar 83,59%, FB sebesar 0,00919 dan NMSE sebesar 0,00009. Ketiganya menunjukkan kesesuaian model dengan data langsung sesuai dengan kriterianya masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathin, Ahmad Fikrulfathinfikrul@gmail.com09020520021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNovitasari, Dian Candra Rinidiancrini@uinsby.ac.id2024118502
Thesis advisorMunfarida, Idamunfarida@uinsa.ac.id2030118402
Subjects: Lalu Lintas
Teknik Lingkungan
Keywords: CO; gaussian; kendaraan bermotor; pola sebaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ahmad Fikrul Fathin
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:52
Last Modified: 26 Mar 2024 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69248

Actions (login required)

View Item View Item