Pengaruh media Fun Thinkers Book terhadap antusiasme belajar pengukuran satuan panjang dan berat di Kelas III MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputri, Zuzun Ana (2024) Pengaruh media Fun Thinkers Book terhadap antusiasme belajar pengukuran satuan panjang dan berat di Kelas III MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuzun Ana Saputri_06010720020 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Zuzun Ana Saputri_06010720020 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran matematika materi pengukuran satuan panjang dan berat di kelas III MI Badrussalam Surabaya belum begitu menarik karena selama pembelajaran hanya menggunakan buku teks peserta didik yaitu BUPETIK, hal ini menyebakan antusiasme belajar peserta didik tergolong rendah. Indikasinya adalah terdapat peserta didik yang merasa bosan, tidak kondusif dikelas dan terdapat peserta didik yang mengantuk. Hal ini juga dikarenakan kurangnya penggunaan media yang interaktif dan menarik untuk menimbulkan rasa antusiasme belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Fun Thinkers Book terhadap antusiasme belajar pengukuran satuan panjang dan berat peserta didik kelas III MI Badrussalam Surabaya. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif jenis metode penelitian yakni Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas III MI Badrussalam Surabaya dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh kelas III dijadikan sampel di mana untuk kelas kontrol (IIIA) dan kelas eksperimen (IIIB). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, obseravasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada peneitian ini menggunakan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata posttest kelas kontrol diperoleh sebesar 77,52, sedangkan posttest kelas eksperimen sebesar 84,64. Hasil uji-t diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,003 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan materi Fun Thinkers Book terhadap antusiasme belajar peserta didik pada materi pengukuran satuan panajng dan berat kelas di III MI Badrussalam Surabaya. Perbedaan dari kedua kelas tersebut dapat memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Fun Thinkers Book terhadap antusiasme belajar pengukuran satuan panjang dan berat di kelas III MI Badrussalam Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputri, Zuzun Anazuzunsaputri804@gmail.com06010720020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan > Media
Keywords: Media Fun Thinkers Book; antusiasme belajar; pengukuran satuan panjang dan berat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zuzun Ana Saputri
Date Deposited: 17 Jul 2024 09:32
Last Modified: 17 Jul 2024 09:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69251

Actions (login required)

View Item View Item