المشترك اللفظي في كتاب المحاورة الحديثة الجزء الثاني للحبيب حسن بن أحمد باهارون : دراسة علم الدلالة

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Athoillah, Wildan Falah (2024) المشترك اللفظي في كتاب المحاورة الحديثة الجزء الثاني للحبيب حسن بن أحمد باهارون : دراسة علم الدلالة. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wildan Falah Athoillah_03040120110 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Wildan Falah Athoillah_03040120110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di temukan dalam berbagai Bahasa suatu kosakata yang sama namun didalamnya mengandung arti yang berbeda di karenakan faktor perkembangan bahasa itu sendiri atau di karenakan faktor lingkungan yang berbeda . Hal ini dapat di sebut Polisemi dan Homonimi dalam suatu bahasa dan dinamakan dengan kajian semantik yang terfokus dalam mengkaji suatu makna dalam bahasa. Dalam bahasa Arab fenomena diatas di beri suatu nama yaitu Al-Musytarak Al-Lafdzi karena pada bahasa Arab banyak sekali kosakata-kosakata yang sama namun seiring dengan berbedaan konteks maka berbeda pula maknanya.Hal ini terjadi biasanya pada suatu percakapan , kepenulisan , dan lain sebagainya. Oleh karena itu penulis mempunyai keinginan dalam kepenulisan ingin membahas sedalam dalamnya tentang Al-Musytarak Al-Lafdzi ini yang bertujuan agar bersama-sama saling mengambil pelajaran dan mempermudah para -pelajar bahasa dalam memahami makna sesuai dengan konteksnya dimulai dari percakapan kita sehari hari. Dalam penelitian ini. Penulis menggunakan objek suatu Kitab yang berisi tentang percakapan antara dua orang dengan tema yang berbeda - beda dan didalamnya menggunakan model bahasa yang sangat mudah di fahami dan sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran dalam mempelajari bahasa Arab , dan Kitab ini di tulis oleh Al-Habib Hasan bin Ahmad Baharun dan di beri nama Al-Muhawarah Al-Hadistah Bi Al-Lughah Al- Arobiyyah. Maka penulis didalam penelitiannya akan mencari kosakata yang di dalamnya terdapat lebih dari satu makna . Dan pada Akhirnya penulis dapat menemukan sejumlah tujuh puluh dua kosakata yang mengandung makna yang berdeda dan telah di analisis makna-maknanya sesuai dengan Kaidah dan beberapa kamus bahasa Arab. Seperti contoh pada lafadz سأل yang memiliki makna bertanya dan juga meminta, dan pada lafadz المكتب yang berarti meja ,kantor ,atau ruangan. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif-Deskriptif. Dengan penulis mengumpulkan dan memilih data yang sudah terkumpul kemudian menganalisis dan mendeskripsikan data-data tersebut dengan berdasar pada teori- teori yang terkait dengan penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Athoillah, Wildan Falahwildanfalahathoillah@gmail.com03040120110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Thesis advisorSyaikhu, Ahmadsyaikhu@uinsa.ac.id2008066801
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Al-Mustytarak al-Lafdzi; al-Muhawarah al-Hadistah; ilmu al- Dalalah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Wildan Falah Athoillah
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:29
Last Modified: 27 Mar 2024 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69257

Actions (login required)

View Item View Item