Analisis pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam pengembangan wiradesa masyarakat Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azroh, Devira al (2024) Analisis pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam pengembangan wiradesa masyarakat Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devira Al Azroh_08040420109 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Devira Al Azroh_08040420109.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberdayaan UMKM di Desa Kalanganyar melalui Program Wiradesa dengan pendekatan SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, and Results). Pemberdayaan UMKM diarahkan untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) desa dengan memanfaatkan potensi lokal dan merangsang pertumbuhan ekonomi secara merata. Dalam konteks ini, penelitian mendalam dilakukan untuk mengevaluasi dampak positif, tantangan, dan peluang yang terkait dengan pemberdayaan UMKM, serta mengintegrasikan konsep maslahah mursalah untuk memastikan keadilan kesejahteraan masyarakat dalam Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode SOAR untuk mengidentifikasi potensi sumber daya alam, peluang pasar, dan aspirasi pemilik UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Wiradesa berhasil memberikan dampak positif pada masyarakat desa, meningkatkan produktivitas dan kualitas produk UMKM, menciptakan lapangan kerja, serta memperluas akses pasar melalui kerjasama antar UMKM. Di Desa Kalanganyar, dengan potensi alamnya yang kaya, terutama dalam olahan ikan bandeng, telah menjadi contoh keberhasilan pemberdayaan UMKM yang mendukung pencapaian SDGs desa. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Program Wiradesa di Desa Kalanganyar secara efektif mendorong pemberdayaan UMKM, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendukung pencapaian SDGs dengan pendekatan holistik dan berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azroh, Devira aldevira080402@gmail.com08040420109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi Islam
Pembangunan > Pembangunan Desa
Keywords: Pemberdayaan UMKM; wiradesa; SDGs Desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Devira Al Azroh
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:52
Last Modified: 27 Mar 2024 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69260

Actions (login required)

View Item View Item