Peran korban tindak pidana kekerasan pada dating violence dalam tinjauan viktimologi dan maqaṣid shari’ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Vina (2024) Peran korban tindak pidana kekerasan pada dating violence dalam tinjauan viktimologi dan maqaṣid shari’ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vina Rahmawati_05010320024 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Vina Rahmawati_05010320024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Meningkatnya tindak pidana kekerasan dalam dating violence yang disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah sebab yang berasal dari dalam diri korban. Skripsi dengan judul peran korban tindak pidana kekerasan pada dating violence dalam tinjauan viktimologi dan maqāṣīd sharī’ah ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah: bagaimana peran korban dalam terjadinya tindak pidana kekerasan dalam tinjauan viktimologi dan bagaimana peran korban dalam terjadinya tindak pidana kekerasan pada dating violence dalam tinjauan maqāṣīd sharī’ah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian normatif menggunakan pendekatan conceptual approach atau pendekatan konsep berdasarkan peranan korban yang telah dipaparkan oleh para ahli dan case approach atas pendekatan kasus yang terdapat dalam tindak kekerasan dalam dating violence. Prosedur analisis sumber bahan hukum menggunakan metode yang bersifat kualitatif yakni dengan melakukan penafsiran terhadap sumber bahan hukum dengan berupa dekripsi. Dari penelitian ini dapat ditemukan bahwa dalam terjadinya tindak pidana kekerasan dalam hubungan pacaran atau dating violence, tidak hanya disebabkan oleh pelaku. Terdapat peran korban yang menjadi faktor penyebab terjadinya tindak pidana kekerasan ini yang menyebabkan seseorang menjadi korban seperti halnya sikap korban yang ceroboh, mudah terpengaruh, membiarkan orang lain menguasai dirinya. Dalam tinjauan maqāṣīd sharī’ah tindakan kekerasan dalam hubungan pacaran telah melanggar tujuan dari ditegakkannya hukum Islam yakni pelanggaran terhadap ḥifẓ ad-dīn, ḥifẓ nafs, ḥifẓ áql, ḥifẓ nasl dan ḥifẓ māl. Saran yang dapat diberikan oleh penulis berdasarkan penelitian ini, dengan dibuktikan adanya peran korban dalam terjadinya tindak pidana, maka dapat menjadi kontribusi dari pencegahan tindak pidana khususnya dating violence. Sehingga penulis dapat menyarankan agar penelitian tidak terhenti sampai disini, melainkan dapat terealisasi khususnya dengan diadakan edukasi kepada masyarakat dalam pencegahan suatu tindak pidana yang dapat dimulai dari diri sendiri, salah satunya adalah menghindari hubungan pacaran yang dapat menimbulkan berbagai macam kerugian bagi diri sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Vinarahmawativina31@gmail.com05010320024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107102
Subjects: Fikih > Fikih Jinayah
Hukum > Hukum Pidana Islam
Hukum Islam > Pembunuhan
Keywords: Tindak pidana; kekerasan; dating violence; viktimologi; maqaṣid shari’ah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Vina Rahmawati
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:52
Last Modified: 27 Mar 2024 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69266

Actions (login required)

View Item View Item