Beauty privilege pada kalangan remaja di Kecamatan Sukolilo, Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diyanto, Khoirun Nisa Alifiah (2024) Beauty privilege pada kalangan remaja di Kecamatan Sukolilo, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirun Nisa Alifiah Diyanto_10020320045 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Khoirun Nisa Alifiah Diyanto_10020320045 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, banyak perubahan yang terjadi pada lapisan masyarakat, salah satunya yaitu standar kecantikan. Banyak dari kaum perempuan yang berlomba-lomba untuk menjadi cantik karena ingin dianggap, dilihat, dihargai dan menerima perlakuan yang baik dari sekitarnya. Berdasarkan hal tersebut, perempuan dengan kecantikan yang sesuai menurut standar estetika masyarakat sangat dihargai dan dilihat, hal tersebut dijadikan sebagai hak istimewa dan symbol prestasi tertentu, yang dikenal sebagai fenomena “Beauty Privilege” yang ada dalam budaya saat ini. Fenomena Beauty Privilege tidak hanya terjadi dikalangan orang dewasa saja, namun juga marak terjadi pada kalangan remaja Indonesia, karena diketahui bahwa mereka termasuk kedalam golongan yang mudah terpengaruh oleh lingkungan, termasuk media sosial yang mereka amati. Hal tersebut terbukti dari bagaimana kaum remaja perempuan Indonesia begitu memperhatikan kondisi fisiknya sekarang. Dampak Beauty Privilege tersebut menimbulkan potensi perilaku diskriminasi terhadap kaum remaja. Mereka merasa bahwa dirinya kurang percaya diri ketika berada dilingkungan sekitarnya, sebagian ada yang merasa lebih percaya diri apabila adanya pengakuan dari orang lain. Adapun penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana fenomena Beauty Privilege yang ada dikalangan remaja di Kecamatan Sukolilo, Surabaya berserta dampaknya pada perilaku diskriminasi dan tingkat kepercayaan diri. Dalam penelitian ini akan menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengambilan data yang menggunakan observasi, wawancara, dan dokumetasi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak baik bagi para pembaca dalam memaknai “Beauty Privilege” dengan bijak sehingga perilaku diskriminasi berkurang dan kepercayaan diri para remaja meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diyanto, Khoirun Nisa Alifiahnisafisa32@gmail.com10020320045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShodiq, Muhammadmoh.shodiq@uinsa.ac.id197504232005011002
Subjects: Sosiologi
Keywords: Beauty privilege; perilaku diskriminasi; kepercayaan diri; remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Khoirun Nisa Alifiah Diyanto
Date Deposited: 26 Mar 2024 14:29
Last Modified: 26 Mar 2024 14:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69273

Actions (login required)

View Item View Item