(دراسة تداولية)الإشاريات في رواية "ولنا في الحلال لقاء” لأحمد عطا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Masrurotul (2024) (دراسة تداولية)الإشاريات في رواية "ولنا في الحلال لقاء” لأحمد عطا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masrurotul Khasanah_03010120016.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Masrurotul Khasanah_03010120016_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Deiksis merupakan salah satu kajian pragmatik yang berkaitan dengan makna sebuah kata yang dapat dipahami sebagai makna kata yang bahasanya bias berubah ubah bergantung pada konteksnya .peneliti menggunakan Teori George Yule dalam penelitian Ini dengan menggunakan objek penelitianya berupa Novel Yang Berjudul “Walana fil Khalali liqo’”Karya Ahmad Atha’ yang Mengisahkan tentang 2 orang yang saling mencintai namun tetap menjaga jarak karna takut akan larangan Allah hingga takdir mempertemukan mereka kembali dalam suatu ikatan yang Halal .Novel “Walana fil Khalaliliqo’’ Ini sangat menarik untuk penelitian pada Skripsi ini.Yang Manah dalam novel ini menggunakan bahasa amiyah dan juga mengajarkan kita bagaimana pentingnya menjaga jarak antar lawan jenis . Tujuan Penelitian Ini adalah untuk mengetahui jenis deiksis yang terkandung dalam novel “Walana fil khalali liqo’” dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Apasajajenis jenis deiksis dalam novel “Walana fil Khalaliliqo’ “ Karya Ahmad Atha’ menurutteori George Yule. Jenis penelitian Ini adalah Library Research. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. data yang dihasilkanberupa novel “Walana fil Khalaliliqo’ “Karya Ahmad Atha’. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peneliti menemukan sebanyak 3 jenisdeiksisyaitu : 1). deiksis persona 2) deiksis tempat 3) deiksis waktu. Selain itu deiksis persona sendiri dibedakan menjadi 3 yaitu : 1.kata ganti tunggal , 2) kata ganti orang kedua 3) kata ganti orang ketiga .Data dianalisis menurut deiksis dan Penggunaanya. 1. Deiksis persona tunggal sebanyak 72 data ,deiksis persona kedua sebanyak 34 data diantaranya kamu laki laki laki sebanyak 28 data , sedangkan kamu pr 6 data deiksis persona ketiga sebanyak 15 data yang mencakup dia laki ‘’ 7 data , dan dia pr 8 data .2) deiksis tempat sebanyak 11 data yang mencakup disini 9 data dan disana 2 data . 3). Sedangkan Deiksis waktu disini peneliti menemukan 3 deiksis dalam novel “Walana fil Khalaliliqo’ .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Masrurotulnakhasanah589@gmail.com03010120016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamalkamalyusuf@uinsa.ac.id2006067901
Thesis advisorUbed, Abdullohabdullah.ubet@uinsa.ac.id2007056602
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Pragmatik; deiksis; Ahmad Atha'; walanafilkhalalil liqo'
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Masrurotul Khasanah
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:50
Last Modified: 27 Mar 2024 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69274

Actions (login required)

View Item View Item