Analisis hukum Islam dan hukum positif terhadap tradisi perjodohan di Pondok Pesantren Muta’alimat Kedungcangkring Porong Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Miftakhul (2025) Analisis hukum Islam dan hukum positif terhadap tradisi perjodohan di Pondok Pesantren Muta’alimat Kedungcangkring Porong Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Aisyah_05040120119 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Miftakhul Aisyah_05040120119.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif, khususnya normatif-empiris. Fenomena tradisi perjodohan di Pondok Pesantren Muta’alimat Porong Sidoarjo ini, ditinjau menggunakan norma, yang mana dalam hal ini menggunakan Hukum Islam dan Hukum Positif. Dari sisi sumber data, penelitian ini termasuk pada kategori penelitian lapangan, dimana data utama digali dari sumber yang ada dilapangan secara langsung. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa asas sukarela belum sepenuhnya terlindungi dalam tradisi perjodohan yang terjadi di Pondok Pesantren Muta’alimat ini. Terlepas dari adanya izin dan persetujuan dari para santri, data dan analisis menunjukkan bahwa masih ada keterpaksaan pada sebagian besar narasumber dari penelitian ini. Jika dianalisis menggunakan hukum Islam, menunjukkan hasilyang kompleks dan beragam. Hal ini karena dalam fikih kalsik tidak ditegaskan secara spesifik keharusan adanya sukarela secara penuh. Sehingga hal ini menyebabkan terjadinya perbedaan pendapat, ada yang bertentang dan ada juga yang tidak bertentangan dengan sukarela dalam tradisi perjodohan ini. Sementara analisis menggunakan hukum positif menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara tradisi perjodohan di pondok pesantren ini dengan asas sukarela dalam peraturan perundang-undangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Miftakhulmiftakhulaisyah45@gmail.com05040120119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNaily, Nabielanaily_iain@yahoo.co.id2026028101
Subjects: Perdata Islam
Perkawinan
Keywords: Hukum Islam; hukum positif; tradisi perjodohan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam
Depositing User: Miftakhul Aisyah
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:22
Last Modified: 24 Apr 2024 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69291

Actions (login required)

View Item View Item