Studi hadis tematik tentang berprasangka baik perspektif psikologi sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Fadila Lailatul (2024) Studi hadis tematik tentang berprasangka baik perspektif psikologi sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadila Lailatul Maghfiroh_07010520005 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fadila Lailatul Maghfiroh_07010520005 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Dalam kehidupan ini kita tidak jauh dari namanya prasangka baik maupun buruk. Penelitian psikologi tentang prasangka mengungkapkan bahwa bias dapat berasal dari sumber eksternal (seperti norma masyarakat) dan internal (seperti kepribadian). Perbedaan individu, seperti apakah tipe kepribadian tertentu membuat orang lebih cenderung berprasangka buruk, dan telah didokumentasikan oleh psikologi. Sumber prasangka ketidaksetaraan sosial dapat berasal dari ketidaksetaraan status dan prasangka serta agama dan prasangka. Dalam penelitian ini, penulis berfokus pada tiga rumusan masalah. Pertama, kualitas hadis tentang prasangka baik. Kedua, konsep prasangka baik dalam hadis-hadis Nabi SAW. Ketiga, pemaknaan hadis dan implikasi untuk kehidupan masyarakat bila seseorang berprasangka baik ditinjau dari psikologi sosial. Model penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research yang dikumpulkan dengan beberapa data primer maupun sekunder. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori tokoh Gordon Allport. Data yang di dapat berasal dari kitab, buku, jurnal, dan sumber pendukung lainnya. Dalam penelitian ini menggunakan studi hadis tematik dimana peneliti menghimpun hadis-hadis yang setema terkait permasalahan yang dibahas. Kemudian penulis memaparkan pemaknaan dari hadis-hadis tersebut. Karena dalam memahami suatu hadis perlu mengetahui makna dari kandungan hadis tersebut. Sehingga memperoleh pemahaman makna terhadap hadis sesuai dengan penelitian yang dikaji. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa prasangka baik dapat menjadikan hidup lebih tenang, produktif, dan juga terhindar dari sikap keraguraguan terhadap individu maupun kelompok lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Fadila Lailatulfadilalailatulm24@gmail.com07010520005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotuldakhirotulilmiyah74@gmail.com2007027401
Subjects: Hadis
Keywords: Prasangka; psikologi social; hadis tematik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: fadila lailatul maghfiroh
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:20
Last Modified: 02 Apr 2024 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69299

Actions (login required)

View Item View Item