Tinjauan al-Bay` terhadap praktik jual-beli sistem tebasan rumpon pada masyarakat desa Ngawen Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdayanti, Vivin Aulia (2024) Tinjauan al-Bay` terhadap praktik jual-beli sistem tebasan rumpon pada masyarakat desa Ngawen Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivin Aulia Firdayanti_05020220079 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Vivin Aulia Firdayanti_05020220079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian berjudul Tinjauan al-Bay’ terhadap Praktik Jual Beli Sistem Tebasan Rumpon pada Masyarakat Desa Ngawen Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik dipusatkan untuk menjawab titik permasalahan yaitu Sistem Jual Beli Tebasan Rumpon oleh Masyarakat Desa Ngawen Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Oleh karena adanya kegiatan tersebut, penulis tertarik membuat sebuah penelitian dalam bentuk skripsi serta menjawab rumusan masalah, yaitu : pertama, bagaimana praktik jual beli sistem tebasan rumpon pada Masyarakat Desa Ngawen Sidayu Gresik?, kedua, Bagaimana Tinjauan al-Bay’ terhadap sistem tebasan rumpon Masyarakat Desa Ngawen Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik? Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif. Adapun data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi yang didapat kemudian dianalisis dengan cara mendeskripsikan, menghubungkan serta menejermahkan data dari analisis berupa gambar, dokumen atau kalimat secara sistematis dan deskriptif. Penelitian ini menggunakan pola pikir induktif yang berangkat pada fenomena jual beli sistem tebasan rumpon yang dipaparkan secara terperinci. Kemudian, ditarik praktik jual beli sistem tebasan rumpon dan disimpulkan berdasarkan hukum Islam dalam konsep al-Bay’. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, bahwasannya yang pertama, praktik jual beli sistem tebasan rumpon dilakukan oleh dua pihak yaitu pemilik dan penebas. Objek jual beli merupakan rumpon yang didalamnya berisi kerang hijau yang siap panen. Serta berada di laut dengan dua model pembelian yaitu, pembelian kabehan dengan pembayaran tunai. Dan pembelian isi dengan pembayaran panjar biaya yang disertai jangka waktu penebasan. Kedua, berdasarkan analisa al-Bay praktik jual beli tebasan rumpon model tebasan kabehan sah sesuai dengan kaidah al-Bay. Sedangkan pada model tebasan isi ditemukan unsur gharar yassir yang kadar ketidakjelasannya ringan pada perhitungan jumlah kerang. Hal ini tidak menimbulkan perselisihan serta diterima oleh para pihak. Adapun pengurangan biaya pelunasan atas resiko roboh rumpon dalam pembelian isi ini tidak dapat dibenarkan karena berfokus pada keuntungan satu pihak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran penulis kepada para pihak pemilik maupun penebas rumpon agar dapat berhati-hati dan lebih baik lagi dalam melakukan transaksi supaya terhindar dari kemungkinan kerugian salah satu pihak. Kedepannya, masyarakat dan para pihak yang terkait dengan sistem tebasan rumpon dapat mengerti mengenai hukum yang mendasari transaksi terkait kegiatan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdayanti, Vivin Auliavivinlaffr@gmail.com05020220079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihuddin, Muh.msholihuddin@uinsby.ac.id2025077701
Subjects: Fikih > Fikih Mazhab Empat
Hukum Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: al-Bay`; jual-beli; tebasan rumpon; masyarakat desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Vivin Aulia Firdayanti
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:06
Last Modified: 28 Mar 2024 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69310

Actions (login required)

View Item View Item