Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS berbantuan game edukasi wordwall di kelas V MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriana, Dwi Kharisma (2024) Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS berbantuan game edukasi wordwall di kelas V MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Kharisma Febriana_06040720073_Full.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Dwi Kharisma Febriana_06040720073.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas kurangnya keterampilan berbicara peserta didik dalam melakukan kegiatan presentasi. Peserta didik sering kali kesulitan dalam melakukan presentasi karena dipengaruhi oleh faktor-faktor internal dan eksternal. Selain itu, kurangnya nilai hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS juga mempengaruhi proses pembelajaran yang dilakukan guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan bantuan game edukasi wordwall dapat membantu peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan game edukasi wordwall. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang membantu guru dalam menemukan permasalahan di dalam kelas dengan melakukan beberapa tahapan kegiatan, mulai dari pelaksanaan pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan game edukasi wordwall mampu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS dengan Perolehan hasil pretest menunjukkan bahwa hanya 5 orang peserta didik yang tuntas melaksanakan presentasi atau dengan persentase 17% dari 30 peserta didik kelas V, sisanya sebanyak 25 peserta didik atau 83% belum tuntas. Pada pelaksanaan posttest di siklus I terjadi peningkatan, yang mana jumlah peserta didik tuntas adalah sebanyak 14 peserta didik atau dengan persentase 47% dari 30 peserta didik, sedangkan sisanya sebanyak 16 peserta didik atau 53% dari 30 belum tuntas. Kemudian, pelaksanaan posttest di siklus II mengalami peningkatan pada jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 25 peserta didik atau 83% dari 30 telah tuntas, sedangkan sisanya 5 peserta didik atau 17% dari 30 belum tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriana, Dwi Kharisma06040720073@student.uinsby.ac.id06040720073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Model pembelajaran reciprocal teaching; game wordwall; hasil belajar; IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Kharisma Febriana
Date Deposited: 04 Apr 2024 01:46
Last Modified: 04 Apr 2024 01:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69316

Actions (login required)

View Item View Item