Analisis hukum Islam terhadap praktik model lamaran di Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Novi (2024) Analisis hukum Islam terhadap praktik model lamaran di Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Ramadhani_05040120131.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Novi Ramadhani_05040120131_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 April 2027.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Model Lamaran Di Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah, yaitu: bagaimana praktik model lamaran di Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya?; dan bagaimana analisis hukum Islam dengan menggunakan metode sadd ad-dharī’ah terhadap praktik model lamaran di Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya?. Penelitian ini termasuk field research (penelitian lapangan). Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh akan diolah dengan cara editing, organizing, dan penemuan hasil penelitian. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, selanjutnya pola pikir yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola pikir induktif. Hasil penelitian menjelaskan: Pertama, praktik lamaran yang ada di Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya sama seperti lamaran pada umumnya. Namun, ada perbedaan tentang tata cara atau prosesi lamaran yang dilakukan, yakni perbedaan pada model lamaran secara sederhana dan kekinian. Kedua, dalam pandangan hukum Islam praktik model lamaran secara sederhana sudah sesuai dengan ajaran Islam. Namun, praktik model lamaran secara kekinian yang dilakukan tidak sesuai dengan syariat Islam karena banyak mengandung kemaksiatan dan kemudharatan di dalamnya. Sesuai dengan kesimpulan diatas, sebaiknya orang tua, lebih mewaspadai anaknya yang akan lamaran, agar praktik lamaran yang dilakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan syariat Islam. Dan untuk pemuka agama lebih menegaskan lagi, dan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai hukum praktik model lamaran yang sedang trend di masyarakat, agar masyrakat memahami batasan-batasan yang sesuai dengan syariat Islam. Dengan kehati-hatian dalam bertindak ketika melakukan praktik lamaran, dapat menjauhkan kita dari perbuatan maksiat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Novinoviramadhani1701@gmail.com05040120131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihuddin, Muh.msholihuddin@uinsby.ac.id197707252008011009
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Praktik model lamaran
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Novi Ramadhani
Date Deposited: 28 Mar 2024 05:10
Last Modified: 28 Mar 2024 05:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69322

Actions (login required)

View Item View Item