Pembentukan adab anak bagi keluarga buruh migran di Desa Kambingan Timur Saronggi Sumenep perspektif hadis Sunan Al Tirmidhi 1952 dengan pendekatan habit forming

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatika, Saila (2024) Pembentukan adab anak bagi keluarga buruh migran di Desa Kambingan Timur Saronggi Sumenep perspektif hadis Sunan Al Tirmidhi 1952 dengan pendekatan habit forming. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saila Rahmatika_07020520062 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Saila Rahmatika_07020520062 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Setiap orang harus mempunyai adab. Pembentukan adab dibentuk dari sejak kecil. Pembentukan adab terhadap anak dalam keluarga buruh migran memprihatinkan karena berkurangnya kasih sayang atau pantauan dari orang tuanya secara langsung. Berdasarkan dari beberapa anak keluarga buruh migran lebih susah didikan atau pembentukan adab dari pada anak yang bukan dari keluarga buruh migran. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan (1) Mengetahui pemahaman hadis kitab Sunan Al-Tirmidhi 1952. (2) Mengetahui pembentukan adab anak pada keluarga buruh migran di desa kambingan timur, Saronggi, Sumenep. (3) Mengetahui kajian living hadis pembentukan adab anak pada keluarga buruh migran di desa kambingan timur di tinjau dari kitab Sunan Al-Tirmidhi> 1952. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan kajian Living Hadis, yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan juga menggunakan teori Habit Forming (pembiasaan) dari tokoh Ivan Pavlov. Terdapat penemuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis : (1) Bahwa dalam hadis Sunan Al-Tirmidhi> 1952 seorang ayah merawat jiwa dan raga anak-anaknya. Beliau bertanggung jawab membesarkan anak-anaknya. (2) Dalam proses pembentukan adab anak dalam keluarga buruh migran yaitu dengan melakukakan pengulangan terhadap tingkah laku yang diajarakan agar menjadi terbiasa dengan hal-hal tersebut. (3) Dalam keluarga buruh migran didesa Kambingan Timur bukan hanya ayah yang terlibat dalam proses pembentukan adab anaknya. Akan tetapi Ibu, nenek, guru dan Kyai apabila anaknya dimasukkan kedalam pondok pesantren. Akan tetapi peran guru hanya dalam lingkup sekolah saja dan kyai dalam lingkup pondok saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatika, Sailarahmatikasaila @gmail.com07020520062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budibudi.ichwayudi@gmail.com197604162005011004
Subjects: Anak
Adab
Keluarga
Keywords: Adab; living hadis; buruh migran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Saila Rahmatika
Date Deposited: 26 Apr 2024 09:18
Last Modified: 26 Apr 2024 09:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69328

Actions (login required)

View Item View Item