Pengaruh kontribusi bruto dan hasil investasi terhadap surplus (defisit) underwriting dana tabarru' pada asuransi jiwa syariah di Indonesia periode 2020-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawan, Ivan Anugrah (2024) Pengaruh kontribusi bruto dan hasil investasi terhadap surplus (defisit) underwriting dana tabarru' pada asuransi jiwa syariah di Indonesia periode 2020-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ivan Anugrah Rachmawan_08010420015 OK.PDF

Download (2MB)
[img] Text
Ivan Anugrah Rachmawan_08010420015 Full.PDF
Restricted to Repository staff only until 5 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Asuransi syariah merupakan suatu usaha yang berprinsip saling menolong dan melindungi antara pemilik polis dan tidak profit oriented (memperoleh keuntungan) semata. Peserta juga harus melihat kinerja underwriting asuransi syariah apabila ingin bergabung dalam peserta asuransi. Kinerja underwriting merupakan salah satu topik yang menarik dan relevan untuk diteliti karena menjadi faktor penting bagi investor, peserta dan pihak internal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kontribusi bruto dan hasil investasi terhadap surplus (defisit) underwriting dana tabarru’ pada Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia periode 2020-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan angka mulai dari pengumpulan data, penafsiran data, dan penampilan hasil. Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap fenomena serta kausalitas hubungan-hubungannya. Jumlah sampel yang digunakan adalah 36, yang diperoleh dari laporan keuangan OJK pada Asuransi Jiwa Syariah periode 2020-2022. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diolah menggunakan software SPSS 25 menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi bruto dan hasil investasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap surplus underwriting dana tabarru’. Kemudian secara simultan kontribusi bruto dan hasil investasi berpengaruh terhadap surplus underwriting dana tabarru’. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Pihak asuransi agar lebih memperhatikan proses underwriting. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memilih dan memilah sumber daya manusia yang professional dibidangnya. Untuk meminimalisir adanya kerugian yang didapatkan dari hasil underwriting tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawan, Ivan Anugrahivananugrah65@gmail.com08010420015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Asuransi Jiwa
Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Asuransi Syariah; Kontribusi Bruto; Hasil Investasi; Surplus (Defisit) Underwriting dana tabarru
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ivan Anugrah Rachmawan
Date Deposited: 05 Apr 2024 02:00
Last Modified: 05 Apr 2024 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69336

Actions (login required)

View Item View Item