Kepatuhan hukum Pedagang Kaki Lima (PKL) makanan terhadap sertifikasi halal perspektif Undang-Undang No. 11 Tahun 2020: studi di Kampung Penjernihan Kelurahan Ngagel Rejo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andini, Resti Tri (2024) Kepatuhan hukum Pedagang Kaki Lima (PKL) makanan terhadap sertifikasi halal perspektif Undang-Undang No. 11 Tahun 2020: studi di Kampung Penjernihan Kelurahan Ngagel Rejo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Resti Tri Andini_05040220115 ok.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Resti Tri Andini_05040220115 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2027.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kepatuhan Hukum Pedagang Kaki Lima Makanan. Dalam Sertifikat Halal Perspektif Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 (Di Kampung Penjernihan Kota Surabaya)”. Penelitian ini dengan tujuan guna menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yaitu pertama, bagaimana patuhan pedagang kaki lima makanan dalam sertifikasi halal di Kampung Penjernihan Kelurahan Ngagelrejo Kota Surabaya terkait adanya sertifikasi halal periode 2023 hingga Maret 2024. Kedua, apa faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan hukum pedagang kaki lima di Kampung Penjernihan Kota Surabaya terkait adanya sertifikasi halal Kelurahan Ngagelrejo Kota Surabaya terkait adanya sertifikasi halal periode 2023 hingga Maret 2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data yang didapatkan merupakan data yang di dapat dari observasi, wawancara serta dokumentasi pelaku usaha yang dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan secara yuridis empiris yaitu penelitian yang memperhatikan efektifitas dari hukum yang membahas terkait seperti apa hukum berlaku dalam masyarakat untuk menyelidiki seberapa berpengaruh atau seberapa jauh mana peraturan tentang Sertifikasi produk halal mempengaruhi kepatuhan hukum pedagang kaki lima makanan di Kampung Penjernihan Kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama pedagang kaki lima di wilayah Kampung Penjernihan belum melaksanakan kepatuhan hukum sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020, Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 pasal 2 serta edaran Kementerian Agama Nomor P-3737/BD. II/KS.00/VIII/2023. Dengan dibuktikan belum ada satupun PKL yang memiliki sertifikasi halal. Kedua, faktor yang mempengaruhi kepatuhan hukum PKL terhadap sertifikasi halal yaitu faktor persetujuan, faktor yang mempengaruhi kepatuhan karena takut pada sanksi. Kepatuhan hukum PKL terhadap faktor ini belum ada, melihat belum adanya PKL yang memiliki sertifikasi halal serta didukung kurangnya sosialisasi pemerintah. Faktor Identifikasi, terjadi kepatuhan hukum karena ingin mempertahankan hubungan dengan konsumen. Pada faktor ini PKL percaya jika produknya halal sehingga tidak perlu melakukan sertifikasi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa PKL kurang memiliki hubungan yang baik dengan konsumen. Faktor internalisasi, faktor yang mempengaruhi kepatuhan hukum dikarenakan adanya imbalan. Pada faktor ini PKL pun tidak tergiur dengan melakukan kepatuhan hukum berupa sertifikasi halal yang akan meningkatkan jual beli pedagang. Peneliti menyarankan bahwa pertama pedagang kaki lima makanan hendaklah lebih memperhatikan hal-hal yang mempengaruhi dari produk dagang mereka. Kedua, peneliti menyarankan bagi penegak hukum lebih memperhatikan para produsen kecil untuk menunjang nilai produk mereka dengan pengoptimalan sosialisasi, pemberdayaan maupun penyuluhan yang hal ini akan berpengaruh pada sikap maupun kepatuhan akan pentingnya sertifikasi halal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andini, Resti Trirestitriandini549@gmail.com05040220115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id197302212009122001
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Hukum Ekonomi
Pedagang > Kaki Lima
Keywords: Kepatuhan huku; sertifikat Halal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Resti Tri Andini
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:26
Last Modified: 28 Mar 2024 06:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69339

Actions (login required)

View Item View Item