This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maghfiroh, Aimmatul (1999) PENGARUH PENGELOLAH KELAS TERHADAP TIMBULNYA MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NU I TRATE GRESIK. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
Persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: bagaimana pengelolaan kelas di SD NU I Trate Gresik, adakah pengaruh pengelolaan kelas terhadap timbulnya motivasi belajar siswa dalam pendidikan agama Islam, jika ada, seberapa jauh pengelolaan kelas terhadap timbulnya motivasi belajar pendidikan agama Islam di SD tersebut. Penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini dengan teknik purvosife sampling, dari kelas VI yang diambil sebanyak 20 anak yaitu 20% dari jumlah populasi. Jenis dan sumber data dari responden, dokumen, interview, observasi, dan angket. Teknik pengelolaan dan analisa data yaitu dengan analisa prosesing, pengorganisasian data, dan penemuan data yang mengakibatkan data akan dapat bicara sesuai dengan hasil perhitungan rumus yang digunakan.
Hasil penelitian memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) dari angket yang disebarkan pada responden II dan interview yang dilakukan dengan responden I menyatakan bahwa pengelolaan kelas harus betul-betul diterapkan dalam rangka mencapai tujuan belajar yang baik. Sebagai seorang guru harus mempunyai keterampilan khusus untuk menguasai lapangan
karena sengaja, siap atau tidak guru ditunfut untuk bisa mengoptimalkan suasana kelas serta menangani setiap permasalahan yang timbul di kelas baik masalah individu maupun kelompok. Motivasi adalah merupakan hal penting dimana tanpa adanya motivasi segala rancangan alctifitas akan sulit direalisasikan. Dan pengelolaan kelas diharapkan dapat memberikan dorongan kepada siswa untuk giat belajar, senang belajar dan selalu ingin belajar terutama dalam pendidikan agama Islam, (2) dari analisa data menunjukkan ada pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap timbulnya motivasi belajar siswa bidang pendidikan agama Islam, hal ini dapat dibuktikan dari hasil rumus dengan menggunakan rumus "Product Mom€nt" dimana nilai rxy (nilai koefisien korelasi hasil perhitungan atau obeservasi) adalah 0,742, apabila dikonsultasikan dan dibandingkan dengan nilai "r" densan N :20 pada taraf srgnifikan 5% diperoleh 0,444 dan 1% adalah 0-561 dengan demikian maka ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan timbulnya motivasi beiajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam, (3) untuk rnengetahui sejauhmana pengaruh pengelolaan kelas terhadap timbulnya motivasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama lslam adalah setelah rxv itu dikonsultasikan (ro) sebesar 0,712 itu dikonsultasikan secara kasar pada tabel interpretasi "r" Product Moment yang mana nilai r antara 0,70-0,90 interpretasinya adalah tinggi yaitu ada korelasi yang baik. Dengan demikian ada pengaruh yang baik dan tinggi antara pengelolaan kelas dengan timbulnya motivasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SD NU I Trate Gresik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Husjin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Motivasi Belajar Pendidikan Islam Pendidikan > Manajemen Kelas |
||||||
Keywords: | Pengelolah kelas; motivasi belajar; pendidikan agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 283 not found. | ||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2016 02:23 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2016 02:23 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6934 |
Actions (login required)
View Item |