Analisis pengaruh volume kendaraan bermotor terhadap tingkat kebisingan dan karbon monoksida (co) di Pertigaan Kletek Taman Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Fayza Aqila (2024) Analisis pengaruh volume kendaraan bermotor terhadap tingkat kebisingan dan karbon monoksida (co) di Pertigaan Kletek Taman Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fayza Aqila Putri_09010520009 ok.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Fayza Aqila Putri_09010520009 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (14MB)

Abstract

Pertigaan Kletek merupakan jalan yang sering mengalami kemacetan. Pertigaan ini menghubungkan antara Jalan Raya Kletek yang merupakan jalan nasional dan Jalan Sawunggaling merupakan jalan kabupaten. Jalan Raya Kletek sebagai penghubung aktivitas ekonomi, bisnis, pendidikan, permukiman, dan industri, yang menyebabkan peningkatan volume lalu lintas dan menurunkan kinerja ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kebisingan, konsentrasi karbon monoksida, dan menganalisis pengaruh volume kendaraan bermotor terhadap tingkat kebisingan dan konsentrasi karbon monoksida di Pertigaan Kletek. Penelitian ini menggunakan 6 titik sampling untuk perhitungan volume kendaraan, kebisingan dan karbon monoksida. Sampling volume kendaraan dilakukan selama 1 jam sesuai dengan keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 12 Tahun 2010. Kebisingan dilakukan selama 24 jam dengan interval L1-L7 sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 48 Tahun 1996 dan SNI 8427:2017, dan Pengambilan sampel karbon monoksida dilakukan dengan interval pagi,siang dan sore sesuai keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 12 Tahun 2010. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kebisingan siang dan malam tertinggi pada hari Senin di titik sampling 3 (87,21 dBA) dan tingkat kebisingan siang dan malam terendah pada hari Minggu di titik sampling 2 (81,10 dBA), melebihi baku mutu 70 dBA untuk kawasan industri dan perdagangan. Konsentrasi karbon monoksida rata-rata tertinggi terjadi pada Senin pagi yaitu 21.170,9 μg/m³ dan rata-rata terendah pada Minggu pagi yaitu 9.988,6 μg/m³, sehingga nilai tertinggi melampaui baku mutu dan terendah telah memenuhi baku mutu 10.000 μg/m³. Uji regresi linear menunjukkan signifikansi variabel jumlah kendaraan bermotor memiliki nilai signifikansi 0,000 yang mana <0,05, sehingga menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada tingkat kebisingan dan konsentrasi karbon monoksida secara simultan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Fayza Aqila@fayzaaqila342@gmail.com09010520009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunfarida, Idamunfarida@uinsby.c.id2030118402
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsby.ac.id2022108201
Subjects: Lingkungan Hidup
Lalu Lintas
Teknik Lingkungan
Keywords: Karbon monoksida; kebisingan; kendaraan bermotor; kebisingan; regresi linear sederhana
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Fayza Aqila Putri
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:42
Last Modified: 01 Apr 2024 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69347

Actions (login required)

View Item View Item