Analisis hubungan timbal balik antara tingkat pengangguran terbuka, produk domestik regional bruto, dan kriminalitas terhadap kemiskinan di Jawa Timur tahun 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Ika Novita (2024) Analisis hubungan timbal balik antara tingkat pengangguran terbuka, produk domestik regional bruto, dan kriminalitas terhadap kemiskinan di Jawa Timur tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Novita Sari_08020120042 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ika Novita Sari_08020120042 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kemiskinan berdampak pada pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, hingga mampu memicu tindakan kejahatan. Kemiskinan menjadi fokus pemerintah, terutama pemerintah provinsi Jawa timur karena jumlah penduduk miskin di Jawa Timur merupakan jumlah kemiskinan tertinggi di Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan timbal balik antara tingkat pengangguran terbuka, produk domestik regional bruto, dan kriminalitas terhadap kemiskinan di Jawa Timur tahun 2018-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kausatif atau penelitian yang digunakan untuk mengetahui hubungan sebab akibat atau hubungan timbal balik. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dalam rentang periode 2018-2022. Analisis yang digunakan adalah Panel Vector Error Correction Model (PVECM) untuk mengetahui hubungan jangka panjang dan jangka pendek serta menggunakan uji kausalitas Granger untuk mengetahui hubungan timbal balik antar variabel. Hasil penelitian ini, terdapat hubungan timbal balik antara tingkat pengangguran terbuka dengan kemiskinan. Berdasarkan nilai probabilitasnya, tingkat pengangguran terbuka memiliki pengaruh positif signifkan terhadap kemiskinan, begitupun dengan kemiskinan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka. Selain itu, hubungan timbal balik juga terjadi antara kriminalitas dengan kemiskinan. Sedangkan PDRB dan kemiskinan tidak memiliki hubungan timbal balik. Dalam analisis jangka panjang, variabel tingkat pengangguran terbuka negatif tidak signifikan terhadap kemiskinan. Sedangkan variabel PDRB dan kriminalitas memiliki pengaruh negatif dan signfikan terhadap kemiskinan. Dalam jangka pendek, variabel tingkat pengangguran terbuka memiliki pengaruh positif dan signifikan, variabel PDRB negatif dan tidak signfikan, serta variabel kriminalitas positif tidak signifikan terhadap kemiskinan. Rekomendasi penelitian ini, pemerintah diharapkan mampu memberikan kemudahan akses pendidikan kepada masyarakat kurang mampu dan memberikan program peningkatan skill untuk fresh graduate. Agar lulusan yang tercipta mampu bersaing dengan baik dalam pasar tenaga kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Ika Novitaikanovitasari191102@gmail.com08020120042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhayati, Ismatulismatul.khayati@uinsby.ac.id2013109002
Subjects: Ekonomi
Kemiskinan
Keywords: Pengangguran; kriminal; kemiskinan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ika Novita Sari
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:29
Last Modified: 03 Apr 2024 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69383

Actions (login required)

View Item View Item