Tinjauan hukum Islam terhadap pola asuh orang tua kepada anak di lingkungan bekas lokalisasi di Desa Banjarsari Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanto, Muhammad Ary (2023) Tinjauan hukum Islam terhadap pola asuh orang tua kepada anak di lingkungan bekas lokalisasi di Desa Banjarsari Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ary Susanto_C91219130 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Ary Susanto_C91219130 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang dilakukan dengan wawancara terhadap masyarakat desa Banjarsari . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dimana memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan data yang sudah ada kemudian mendeskripsikannya dengan keadaan yang sesuai peristiwa yang terjadi dilapangan lalu menganalisisnya sampai ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: sebagian besar dilingkungan bekas lokalisasi mayoritas orang tua menggunaka dua pola asuh dalam mendidik anak yaitu pola asuh permisif dan pola asuh demokratis pola asuh permisif memberikan kebebasan untuk melakukan apa yang ingin di lakukan tanpa mempertanyakan. Sedangkan pola asuh demokratis yaitu memberikan kesempatan untuk tidak selalu tergantung kepada orang tua. Dari hasil wawancara juga dijelaskan bahwa Dari hasil wawancara yg di dapat jika dikaitkan dengan fikih hadhonah maka kewajiban memberi pendidikan kepada anak-anak mereka telah terpenuhi. Selain pendidikan formal, juga memberikan pendidikan informal seperti mengaji disore hari. Orang tua mereka juga merasa sudah sepenuhnya memberikan kasih sayang kepada anak-anak. Sejalan kesimpulan di atas, maka di harapkan adanya peran dari seluruh masyarakat untuk memberi dukungan moral maupun spiritual dalam mengasuh anak demi masa depan. Serta dinas pemerintahan terkait lebih sering memperhatikan serta memberikan arahan terhadap kehidupan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanto, Muhammad Aryarysusanto2506@gmail.comC91219130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMubin, Muhammad Ufuqulufuqulmubin@gmail.com2026077301
Subjects: Anak
Hukum Islam
Psikologi > Keluarga
Keywords: Pola asuh; orang tua; anak; bekas lokalisasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Muhammad Ary Susanto
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:11
Last Modified: 04 Apr 2024 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69391

Actions (login required)

View Item View Item