Peran orang tua pekerja pabrik PT.Pei Hai dalam pembentukan religiusitas anak di Dusun Gading Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arianti, Shiaro (2024) Peran orang tua pekerja pabrik PT.Pei Hai dalam pembentukan religiusitas anak di Dusun Gading Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shiaro Arianti_10010320025 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Shiaro Arianti_10010320025 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak sangat penting, terutama dalam membentuk karakter yang bersifat religiusitas. Orang tua menjadi sarana sosialiasasi anak dalam menerapkan perilaku yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua pekerja pabrik dalam pembentukan religiusitas anak di Dusun Gading, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini ditentukan secara purposive, yakni masyarakat dusun Gading kecamatan Peterongan kabupaten Jombang. Adapun data yang di ambil berupa data kualitatif yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data yang dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menemukan bahwa peran orang tua belum sepenuhnya terlaksana dengan baik karena masih banyak orang tua yang menyerahkan perannya kepada lembaga lain karena orang tua tidak mempunyai waktu penuh untuk mengawasi anaknya. Orang tua sering di sibukkan dengan bekerja dari pagi hingga larut malam sehingga kurang memperhatikan anak-anaknya. Terkadang beberapa orang tua yang sibuk bekerja juga masih ingin memperhatikan dan mengajarkan anak mereka untuk menerapkan sikap religiusitas di kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arianti, Shiarorianti2412@gmail.com10010320025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muchammadmuhammad.ismail@uinsby.ac.id2003058001
Subjects: Akhlak
Anak
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Orang Tua; Religiusitas Anak
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Shiaro Arianti
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:20
Last Modified: 01 Apr 2024 06:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69392

Actions (login required)

View Item View Item