Implikasi strategi dakwah melalui tradisi ruwah desa dalam meningkatkan akhlak masyarakat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmawati, I'in Chalimur (2024) Implikasi strategi dakwah melalui tradisi ruwah desa dalam meningkatkan akhlak masyarakat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
I'in Chalimur Rohmawati_04020120044.pdf

Download (2MB)
[img] Text
I'in Chalimur Rohmawati_04020120044_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara yang memiliki beribu macam adat-istiadat dan tradisi yang sangat beragam. Tradisi ini diwariskan turun-temurun kepada generasi berikutnya. Salah satu tradisi yang ada di suku Jawa adalah tradisi Ruwah Desa. Tradisi ini juga dilestarikan oleh masyarakat di Desa Segodobancang, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, menggunakan teori strategi dakwah dari Al Bayanuni dan dengan analisis deskriptif dari Miles dan Huberman. Dengan tujuan mengetahui lebih dalam tentang prosesi tradisi Ruwah Desa di Desa Segodobancang, mengetahui strategi dakwah yang ada dalam prosesi tradisi, dan mengetahui implikasi strategi dakwah dalam meningkatkan akhlak masyarakat Desa Segodobancang melalui pelaksanaan tradisi Ruwah Desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam prosesi tradisi Ruwah Desa di Desa Segodobancang terdapat strategi dakwah yakni strategi dakwah sentimental, strategi dakwah rasional, dan strategi dakwah indrawi. Dengan ini berimplikasi pada peningkatan akhlak masyarakat Desa Segodobancang. Diketahui bahwa masyarakat Desa Segodobancang yang sebelumnya tidak begitu dekat dan tidak saling mengenal antar masing-masing dan setelahnya menjadi memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi, memiliki sifat gotong royong tinggi, dan saling menjaga kerukunan antar sesama. Peneliti merekomendasikan supaya pada penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda, dengan harapan dapat memperoleh aspek yang lebih baru dalam penelitian tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmawati, I'in Chalimurchan12hwang@gmail.com04020120044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, M. Anisanis.bachtiar@gmail.com2019126902
Subjects: Akhlak
Budaya Islam
Kesenian
Keywords: Tradisi ruwah desa; implikasi; peningkatan akhlak; strategi dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: I'in Chalimur Rohmawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:32
Last Modified: 03 Apr 2024 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69393

Actions (login required)

View Item View Item