Pengaruh literasi numerasi pada pembelajaran Matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi Operasi Bilangan Cacah Kelas III MIN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arrafif, Nanda Hanii Aulia (2024) Pengaruh literasi numerasi pada pembelajaran Matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi Operasi Bilangan Cacah Kelas III MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanda Hanii Aulia Arrafif_06020720040 ok.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nanda Hanii Aulia Arrafif_06020720040 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2027.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dalam mengubah permasalahan nyata ke permasalahan matematika ataupun sebaliknya dikarenakan literasi numerasi yang diterapkan dalam pembelajaran matematika masih minim. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi numerasi pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi bilangan Cacah kelas III MIN 1 Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif tipe ekspose facto studi kasus dengan metode quasi eksperimental dan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis dalam bentuk soal cerita. Teknik uji instrumen tes menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan uji daya pembeda soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis terdiri dari uji independent sample t-test dan uji koefisien determinasi. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 54,83 dan posttest sebesar 79,83 dengan peningkatan sebesar 25,00, sedangkan di kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 52,83 dan posttest sebesar 70,16 dengan peningkatan sebesar 17,33. Sementara hasil uji independent sample t-test Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 dan hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,518 artinya pembelajaran literasi numerasi berpengaruh sebesar 51,8% terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan literasi numerasi pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi bilangan Cacah kelas III MIN 1 Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arrafif, Nanda Hanii Auliahaniinanda@gmail.com06020720040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Komunikasi
Matematika
Keywords: Literasi numerasi; kemampuan komunikasi matematis; menyelesaikan soal cerita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nanda Hanii
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:13
Last Modified: 02 Apr 2024 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69417

Actions (login required)

View Item View Item