Nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan agama Islam pada siniar "log in" oleh Habib Ja'far dan Onad

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abadi, Moh. Fawwaz (2024) Nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan agama Islam pada siniar "log in" oleh Habib Ja'far dan Onad. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Fawwaz Abadi_06020120040.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Moh. Fawwaz Abadi_06020120040_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan agama islam diinterpretasikan dan diimplementasikan dalam konteks siniar, serta mengaitkannya dengan kerangka konsep yang diusung oleh lembaga pendidikan agama di Indonesia. Pada penelitian ini ada 3 masalah yang diajukan: 1) Bagaimana nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan agama islam pada siniar “Log In” oleh Habib Ja’far dan Onad ? 2) Bagaimana implementasi moderasi beragama dalam pendidikan agama dari perspektif tokoh agama dalam siniar “Log In” oleh Habib Ja’far dan Onad? 3) Bagaimana relevansi nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan agama islam pada siniar “Log In” oleh Habib Ja’far dan Onad dengan konsep moderasi beragama perspektif buku Implementasi Moderasi Beragama dalam pendidikan islam yang dipublikasikan oleh Kementerian Agama RI ?. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan analisis wacana model Van Dijk, yang memungkinkan peneliti menggali makna tersirat, nilai-nilai, dan implementasi pada siniar tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Tayangan video siniar "Log In" mencerminkan nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan agama islam. Ditemukan sikap mudah dan tidak mempersulit, konsep pertengahan untuk menghindari ekstrimitas, (bayniyah), kebaikan (al-khairiyah), hikmah (al-hikmah), keadilan (al-adl), dan konsistensi (al-istiqomah). Nilai-nilai ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membangun kerukunan dan persatuan di tengah keberagaman masyarakat Indonesia. 2).Tayangan ini menunjukkan keterbukaan dan toleransi melalui akulturasi budaya antara ajaran agama dan tradisi lokal, memperkaya kekhasan dan membangun toleransi. Sikap bayniyah menekankan keseimbangan dan menghindari ekstrimitas dalam pemahaman ajaran agama. Nilai kebaikan diwujudkan dalam aksi bersama untuk kesejahteraan lingkungan. Pendidikan agama moderat juga mengandung nilai hikmah sebagai sarana belajar antarumat beragama. Keadilan muncul dalam sikap adil dan keseimbangan, di mana perbuatan baik atau buruk ditentukan oleh individu. Konsistensi terhadap kepercayaan agama menjadi inti, bersumber dari keyakinan dan keimanan yang tidak terpengaruh oleh faktor eksternal. Dengan demikian, Siniar "Log In" mendukung kerukunan di tengah keberagaman masyarakat Indonesia. 3).Terdapat kesesuaian nilai-nilai moderasi beragama yang dijelaskan dalam buku dengan praktik yang terjadi dalam siniar. Siniar ini secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip moderasi beragama, seperti mengambil jalan tengah (tawassuth), menjaga keseimbangan (tawāzun), bersikap lurus dan tegas (i'tidāl), menunjukkan toleransi (tasāmuh), mendorong persamaan dan penghargaan terhadap semua manusia (musāwah), serta menciptakan atmosfer musyawarah (syurā).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abadi, Moh. Fawwazabadifawwaz10@gmail.com06020120040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, al Qudus Nofiandri Eko----
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Kerukunan Beragama
Toleransi Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Siniar "log in"; moderasi beragama; toleransi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Fawwaz Abadi
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:38
Last Modified: 03 Apr 2024 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69438

Actions (login required)

View Item View Item