Islam simbolik: makna celana cingkrang dan jenggot di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahabbah, Robi'ah Imamatul (2024) Islam simbolik: makna celana cingkrang dan jenggot di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Robi'ah Imamatul Mahabbah_10020320068 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Robi'ah Imamatul Mahabbah_10020320068 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam terkait makna simbolik celana cinkrang dan jenggot bagi mahasiswa di Surabaya. Metode yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Peneliti mengambil 10 informan dari 4 universitas dengan kriteria bercelana cingkrang dan berjenggot. Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa setiap mahasiswa celana cingkrang dan berjenggot cenderung memiliki proyeksi pengetahuan masingmasing berdasarkan pemahamannya mengenai hukum berpenampilan seperti itu. Proyeksi pengetahuan di setiap individu ini merupakan bentuk pencurahan yang disebut Berger sebagai proseseksternalisasi. Setiap mahasiswa celana cingkrang dan jenggot memproyeksikan pengetahuan konsep berpenampilan sunnah cenderung sama. Secara general ditemukan konsep “sunnah” yang diproyeksikan oleh setiap mahasiswa bercelana cingkrang dan jenggot sebagai suatu bentuk totalitas dalam menaati perintah Rasulullah yang mana hal tersebut juga menjadi perintah Allah. Sunnah yang dipahami mahasiswa adalah jalan atau metode beragama di mana dalil yang dimengerti ditafsirkan oleh ulama rujukan yang mereka yakini benar. Dalam konteks objektivasi mahasiswa bercelana cingkrang dan berjenggot yang meproyeksikan sunnah dalam perintah mengangkat celana di atas mata kaki dan memelihara jenggot itu sebagai hal yang wajib. Begitupun yang terjadi pada setiap mahasiswa celana cingkrang dan jenggot, yang mengalami proses internalisasi melalui sosialisasi yang membentuk proyeksi pengetahuan, bahkan identitasnya yang dimilikinya secara subyektif. Dalam hal ini proses internalisasi mahasiswa bercelana cingkrang dan berjenggot adalah melalui referensi rujukan yang dimiliki, juga materi kajian yang rutin dihadiri. Serta ulama rujukan yang didengarkan untuk belajar agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahabbah, Robi'ah Imamatulrobiahim22@gmail.com10020320068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Budaya - Agama
Islam, Pakaian dan Perhiasan
Ideologi Islam
Keywords: celana cingkrang; jenggot; simbolik; sunnah; dialektika
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Robi'ah Imamatul Mahabbah
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:34
Last Modified: 03 Apr 2024 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69456

Actions (login required)

View Item View Item