Ta'aruf virtual di era digital: studi netnografi pada website Mawaddah Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwanda, Renatha Galih Ajeng (2024) Ta'aruf virtual di era digital: studi netnografi pada website Mawaddah Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Renatha Galih Ajeng Purwanda_10020320065 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Renatha Galih Ajeng Purwanda_10020320065 Full..pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Ta’aruf secara virtual merupakan salah satu bentuk komunikasi yang memanfaatkan teknologi. Munculnya media berupa aplikasi dan website membuat proses ta’aruf menjadi semakin mudah terutama dalam hal komunikasi dan menyampaikan suatu pesan. Proses ta’aruf secara virtual juga semakin populer karena mulai banyak masyarakat yang menggunakannya. Tentunya dinamika proses ta’aruf secara virtual atau online berbeda dengan ta’aruf konvensial secara tatap muka. Hal ini seharusnya tidak mengubah syariat dalam proses ta’aruf, sehingga peserta ta’aruf virtual dapat menemukan pasangannya sesuai dengan alur aplikasi yang ada dan sesuai dengan sunnah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami alasan mengapa ta’aruf virtual menjadi pilihan untuk mencari jodoh dan memahami bagaimana proses dalam membangun komunikasi antar anggota dalam memilih pasangan melalui ta’aruf virtual. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode netnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Dengan menggunakan teori Interaksionisme Simbolik oleh George Herbert Mead. Lokasi yang menjadi fokus penelitian adalah website Mawaddah Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasar data di lapangan, peneliti menemukan alasan individu memilih ta’aruf virtual sebagai media mencari pasangan, yakni karena bagian dari ikhtiar, lebih efektif dan efisien dalam hal waktu, bebas mencari pasangan sendiri, serta respon dan dukungan dari orang tua. Sedangkan cara membangun komunikasi antar pasangan adalah dengan mengikuti proses ta’aruf virtual, mencari dan menyeleksi pasangan sesuai kriteria, ekspetasi dan penerimaan terhadap pasangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwanda, Renatha Galih Ajengrenathagalih@gmail.com10020320065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Budaya - Agama
Islam
Komunikasi Dalam Islam
Nikah
Keywords: Ta’aruf Virtual; Era Digital; Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Renatha Galih Ajeng Purwanda
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:43
Last Modified: 03 Apr 2024 02:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69457

Actions (login required)

View Item View Item