Pengaruh persiapan mengajar guru (Satuan Pelajaran) terhadap peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa Sekolah Dasar Taqwtmul Ummah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiriyah, Choiriyah (1999) Pengaruh persiapan mengajar guru (Satuan Pelajaran) terhadap peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa Sekolah Dasar Taqwtmul Ummah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan tugas mengajar di SD Taqwimul Ummah Surabaya, bagaimana prestasi siswanya dalam belajar pendidikan agama Islam, dan apakah persiapan mengajar guru bisa mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini berjenis deskriptif yang menggunakan metode obseivasi, dokumentasi, wawancara dan pengumpulan data. Populasi penelitian ini adalah semua guru yang mengajar bidang studi pendidikan agama Islam di SD tersebut yang berjunlah 15 orang. Data yang diperoleh ialah: l ) persiapan mengajar yang harus dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan tugas pongajarannya, 2) prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SD tersebut, dan 3) pengaruh persiapan mengajar guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa tersebut. Penelitian memberikan suatu kesimpulan bahwa persiapan mengajar merupakan tahapan pra intruksional yang ditempuh guru pada waktu sebelum melaksanakan tugas pengajarannya. Kegiatan ini penting, sebab kegiatan belajar dan memahami materi pelajaran itu kebanyakan bergantung pada pengenalan siswa terhadap hubungan antara pengetahuan yang telah ia miliki dengan pengetahuan yang akan diterima. Di lain fihak guru seringkali berhadapan dengan situasi dan kondisi yang selalu berubah di dalam kelas. Banyak teori-teori yang dikemukakan para pakar dalam merumuskan kegiatan-kegiatan persiapan mengajar guru. Diantaranya Model Satuan Pelajaran (MSP) dalam rangka melaksanakan PPSI. Dimana di dalamnya mengandung unsur-unsur perisapan situasi umum, perisapan terhadap murid yang dihadapi, persiapan dalam tujuan yang akan dicapai, persiapan dalam bahan yang akan diajarkan, persiapan dalam metode mengajar, persiapan dalam alat-alat pembantu dan persiapan dalam teknik-teknik evaluasi. Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa adanya perpaduan antara komponen persiapan mengajar (Satuan Pelajaran) dapat berpengaruh kuat dan tinggi terhadap prestasi belajar studi pendidikan agama Islam siswa di SD Taqwimul Ummah Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiriyah, ChoiriyahUNSPECIFIEDD0.1.3.95.036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKadir, Abd.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Guru; sekolah sd; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:20
Last Modified: 06 Sep 2021 14:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6946

Actions (login required)

View Item View Item