Karakteristik tafsir kontemporer hadāiq al-rawh wa al-rayhān fī rawāby 'ulūm al-Qur'ān karya Muhammad al-Amin al-Harari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ihkamuddin, Hazmi (2023) Karakteristik tafsir kontemporer hadāiq al-rawh wa al-rayhān fī rawāby 'ulūm al-Qur'ān karya Muhammad al-Amin al-Harari. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hazmi Ihkamuddin_02040520014 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hazmi Ihkamuddin_02040520014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Ilmu Tafsir berkaitan dengan metode, pendekatan, dan corak karena menggali khazanah keilmuan al-Qur’an membutuhkan berbagai macam usaha yang digunakan untuk memahaminya. Metode, pendekatan, dan corak tafsir merupakan suatu pokok bahasan terpenting untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Terdapat berbagai metode, pendekatan, dan corak dalam tafsir al-Qur’an. Istilah-istilah tersebut sering digunakan secara bergantian, tumpang-tindih, serta tidak digunakan secara mapan. Usaha memahami ayat-ayat al-Qur'an berbeda-beda antara satu mufassir dengan mufassir yang lain. Masing-masing mufassir memiliki pendekatan dan corak tafsir tersendiri dalam karyanya. Salah satu ulama kontemporer yaitu Muhammad Amin al-Harari, di dalam karya tafsirnya ia memiliki perbedaan dari yang lain, khususnya dari sisi pendekatan dan corak tafsirnya.Dari permasalahan tersebut, yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana pendekatan yang digunakan oleh Muhammad Amin Harari dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an dalam kitab Tafsir Hadāiq Al-Rawh Wa Al-Rayh}ān Fī Rawāby 'Ulūm al-Qur'ān? dan Bagaimana corak Tafsir Hadāiq Al-Rawh Wa Al-Rayhān Fī Rawāby 'Ulūm al-Qur'ān?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pustaka (Library Research), sedangkan tehnik Analisa yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis konten.Adapun hasil penelitian ini memiliki dua kesimpulan: 1) Muhammad Amin al-Harari menulis kitab Tafsir Hadāiq Al-Rawh Wa Al-Rayh}ān Fī Rawāby 'Ulūm al-Qur'ān menggunakan berbagai pendekatan tafsir, yakni: pendekatan bahasa atau sastra dan pendekatan historis. Muhammad Amin al-Harari tidak hanya menggunakan satu pendekatan tafsir saja, terbukti dengan disajikannya munasabah, asbab al-Nuzul, tafsir, i’rab, qira’at, balagah, tasrif, makna mufradat dan penjelasan hukum-hukum dalam kitab tafsirnya. Selain itu juga terhadap ayat-ayat sufistik, teologi, dan kawniyyah secara keseluruhan. 2) Corak tafsir dari kitab Tafsir Hadāiq Al-Rawh Wa Al-Rayhān Fī Rawāby 'Ulūm al-Qur'ān yang mendominasi penafsiran tersebut ialah corak lughowi. Walaupun dalam kitab tafsirnya juga mengkaji suatu ayat dengan beberapa disiplin ilmu seperti fikih, ilmi atau sains, tasawuf, teologi, munasabah, asbab al-Nuzul dalam pasal tersendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ihkamuddin, Hazmihazmiihkamuddin@gmail.com02040520014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanburhandjamaluddin@uinsby.id2021125501
Thesis advisorKholid, Abd.alidoktaf@gmail.com2002026501
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Muhammad Amin al-Harari; tafsir Kontemporer, karakteristik, pendekatan tafsir, corak tafsir
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hazmi Ihkamuddin
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:45
Last Modified: 04 Apr 2024 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69469

Actions (login required)

View Item View Item