Peranan guru PAI dalam menumbuhkan karakter peduli sosial peserta didik melalui program kelas idaman di SMA an-Nur Bululawang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yudha, Shandy Wirayudha (2023) Peranan guru PAI dalam menumbuhkan karakter peduli sosial peserta didik melalui program kelas idaman di SMA an-Nur Bululawang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shandy Wirayudha Adhitya Putra_D01219047 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Shandy Wirayudha Adhitya Putra_D01219047.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai dengan amanat kurikulum 2013, pendidikan tidak hanya untuk menyampaikan ilmu pengetahuan akan tetapi pendidikan berperan juga dalam pembentukan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik Peserta Didik. SMA AN-NUR Bululawang Malang merupakan Sekolah Menengah Atas yang mampu membentuk secara baik karakter Peserta Didiknya, terutama pada karakter peduli sosial. Kelas yang sangat mencerminkan karakter peduli sosial di sekolah tersebut merupakan kelas Idaman sebuah kelas unggulan yang diberi nama Idaman, dibalik pelaksanaan kegiatan peduli sosial yang dibentuk oleh kelas idaman, ternyata terdapat usaha yang sangat baik yang dilakukan oleh guru PAI, baik usaha melalui kegiatan di dalam atapun di luar kelas. Penelitian ini dilakukan berujuan untuk mendeskripsikan (1) Peranan Guru PAI dalam menumbuhkan karakter peduli sosial peserta didik melalui program kelas idaman (2) strategi guru PAI sebagai upaya dalam menumbuhkan karakter peduli sosial Peserta didik kelas Idaman SMA AN-NUR, (3) Problem yang dialami dalam pembentukan karakter peduli sosial peserta didik kelas kelas Idaman SMA AN-NUR .Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Guru PAI Sangat berperan dalam menumbuhkan karakter peduli sosial peserta didik melalui program-program yang dicanangkan dan di laksanakanya di kelas Idaman (2) Upaya guru kelas dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik kelas kelas Idaman SMA AN-NUR dilakukan dengan menyusun strategi berupa strategi kegiatan rutin, strategi kegiatan spontan, strategi keteladanan, strategi pengkondisian dan strategi integrasi pembelajaran. Solusi dari kendala tersebut berupa peneguran, pemberian hukuman dan memberikan nasehat secara tegas dan berekelanjutan. (3) Problem yang dialami dalam pembentukan karakter peduli sosial peserta didik kelas kelas Idaman SMA AN-NUR adalah kurangnya kesadaran peserta didik tentang pentingnya sikap peduli sosial, serta adanya faktor dari luar sekolah yang mempengaruhi pembentukan karakter peduli sosial peserta didik. Solusi dari kendala tersebut berupa mengadakan rapat guru bersama wali murid, komunikasi dengan orang tua siswa melalui media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yudha, Shandy Wirayudhashandywirayudha@gmail.comD01219047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusam, Ahmad Yusam Thobroniayusamth71@gmail.com197107221996031001
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com196709121996031003
Subjects: Anak
Pendidikan
Keywords: Guru PAI; peduli sosial; peserta didik; kelas idaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: shandy wirayudha
Date Deposited: 04 Apr 2024 05:58
Last Modified: 04 Apr 2024 05:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69473

Actions (login required)

View Item View Item