Pemahaman kepercayaan dan penerimaan aturan pantangan penjualan nasi di Desa Randegan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo: di tinjau dalam perspektif teori konstruksi sosial Peter L Berger Dan Thomas Luckmann

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Khurin In (2024) Pemahaman kepercayaan dan penerimaan aturan pantangan penjualan nasi di Desa Randegan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo: di tinjau dalam perspektif teori konstruksi sosial Peter L Berger Dan Thomas Luckmann. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khurin In Jannah_10020320047 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Khurin In Jannah_10020320047 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kepercayaan terhadap suatu budaya merupakan kunci utama dalam mempertahankan dan mengembangkan warisan budaya yang beragam di seluruh dunia. Seperti dalam penelitian ini yaitu fenomena kepercayaan dan penerimaan aturan pantangan penjualan nasi yang terjadi di Desa Randegan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Yang mana Kepercayaan masyarakat mengenai fenomena tersebut memang sudah tertanam sejak lama yang dipercayai oleh masyarakat setempatnya. Dimana hal ini telah menjadi budaya yang harus dijaga, Penelitian bertujuan untuk memahami masyarakat dalam mengkonstruksi pantangan penjualan nasi dan dampak sosial masyarakat mengenai pantangan penjualan nasi tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentsi. Teori yang digunakan adalah teori konstruksi sosial Peter L Berger dan Thomas Luckman. Lokasi penelitian ini berda di Desa Randegan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Dari hasl penelitian ini ditemukan data bahwa masyarakat mengkonstruksi terhadap kepercayaan dan penerimaan aturan pantangan penjualan nasi dibentuk karena pertama sebagian masyarakat ada yang memegang nilai adat dari nenek moyang Desa Randegan, Kedua karena menghindari suatu bala’ atau musibah yang nantinya bisa berakibat fatal pada dirinya dan keluarganya, Ketiga, berdasarkan cerita mitos zaman dahulu yang dipercaya sampai sekarang. Lalu akan ada dampak yang diterima jika melanggarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Khurin Inkhurinririn86518@gmail.com10020320047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muchammadismail.muchammad@gmail.com2003058001
Subjects: Masyarakat
Sosiologi
Adat
Budaya
Keywords: Kepercayaan; Penerimaan Aturan; Pantangan Penjualan Nasi.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Khurin In Jannah
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:11
Last Modified: 04 Apr 2024 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69479

Actions (login required)

View Item View Item